GOLD Tidak Mampu Membendung Kekuatan USD

Forexsignal88.Com – Gold pada pasar spot terlihat tidak mampu menahan kuatnya USD yang naik melawan semua mata uang utama. XAU/USD walhasil turun ke level terendahnya pada harga $1882 pada hari Senin dan sempat rebound namun masih tetap turun pada hari Selasa kemarin ke level harga terendah $1894.

Setelah pada hari pertama pidato Powell membuahkan hasil USD yang sangakt kuat. Pada hari Selasa, Powell mengatakan bahwa meskipun ekonomi AS sedang pulih, banyak hal yang masih bergantung pada bagaimana pandemi COVID-19 berkembang.

“Kegiatan ekonomi telah meningkat dari level tertekan pada kuartal kedua, ketika sebagian besar perekonomian ditutup untuk membendung penyebaran virus. Banyak indikator ekonomi yang menunjukkan perbaikan yang signifikan, ”ujarnya dalam pernyataan pembukaannya yang dirilis menjelang sidang.

“Pemulihan penuh kemungkinan akan datang hanya jika orang-orang yakin bahwa terlibat kembali dalam berbagai kegiatan yang luas itu aman. Jalan ke depan akan bergantung pada pengendalian virus, dan pada tindakan kebijakan yang diambil di semua tingkat pemerintahan, ”katanya.

Powell kembali mengatakan bahwa semua instrumen moneter yang dibutuhkan untuk mendukung perbaikan ekonomi tidak akan segan-segan digunakan oleh Federal Reserve. Powell juga memberikan isyarat potensi untuk stimulus.

Pasar emas melihat beberapa momentum pembelian sederhana karena investor melompat ke pasar setelah aksi jual tajam hari Senin yang mendorong harga di bawah $ 1.900 per ons. Emas berjangka Desember terakhir diperdagangkan pada $ 1.920,90 per ounce, naik 0,54% per ounce.

Komentar tersebut muncul kira-kira seminggu setelah Federal Reserve mengisyaratkan bahwa mereka mengharapkan untuk mempertahankan suku bunga pada kisaran nol hingga 2023.

Analisa Teknikal XAU/USD Hari Ini