emas batangan - XAUUSD

GOLD Terjebak Dalam Gerakan Sideway Dan Menunggu Katalis Dari USD

Analisa Teknikal XAU/USD

Pembicaraan tentang stimulus kembali menjadi pusat perhatian minggu ini, karena proposal bantuan baru menghidupkan kembali topik tersebut. Pekan lalu membawa langkah penting pertama menuju kesepakatan ketika Ketua DPR Nancy Pelosi dan Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer mendukung rencana Senat bipartisan senilai $ 908 miliar, turun jauh dari proposal pra-pemilihan Demokrat senilai $ 2 triliun. Pimpinan Senat Republik juga mengusulkan rencana minggu lalu yang serupa dengan tagihan $ 650 miliar dari pertengahan September, dan minggu ini Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengajukan proposal $ 916 miliar dengan dukungan Gedung Putih.

Masalah-masalah ini telah terbukti sulit diselesaikan selama berbulan-bulan dan, meskipun ada kemajuan dalam dua minggu terakhir, anggota parlemen masih berjuang untuk mengatasi masalah dengan sangat sedikit waktu tersisa sebelum Kongres berangkat untuk liburan.

Sementara itu dari sisi teknikal Gold menunjukan bahwa pekan depan bisa jadi level volatilitas pergerakan XAU/USD dapat berpotensi meningkat. Jika kenaikan masih melanjutkan dari yang 2 pekan ini terjadi maka XAU/USD akan melaju ke level ke level resisnatce sementara pada harga $1850 sebelum berlanjut ke harga $1877 dan $1885 yang mana merupakan area resistance yang lebih kuat.

Namun pada sisi sebaliknya, jika memang penurunan yang terjadi, maka XAU/USD akan menuju ke support level pada harga $1821 terlebih dahulu dan harus mampu menembus jika ingin melanjutkan ke level support psikologis pada harga $1800.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5