emas batangan - XAUUSD

GOLD Terjebak Dalam Gerakan Sideway Dan Menunggu Katalis Dari USD

Forexsignal88.Com – Harga emas spot bergerak dalam sepekan kemarin dengan range yang sempit. XAU/USD hanya mampu membuahkan level tertinggi pada harga kisaran $1875 dan harga terendah pada harga kisaran $1821, dimana ini tidak bergeser lebih selama satu pekan kemarin. Namun ini tentunya tidak lepas dari keadaan pasar yang relatif sepi bagi USD.

Selain rilis mingguan klaim pengangguran, kalender ekonomi ditandai dengan laporan kepercayaan usaha kecil dan inflasi harga konsumen. Optimisme di antara pemilik usaha kecil mundur 2,6 poin pada November, mencerminkan kebangkitan kasus COVID19. Pangsa bisnis yang mengharapkan perbaikan ekonomi menurun, sementara proporsi perusahaan yang mengantisipasi kenaikan tekanan harga meningkat karena ekspektasi pendapatan yang lebih rendah dan peningkatan biaya operasi.

Salah satu yang menarik untuk diperhatikan adalah apa yang akan dilakukan oleh FOMC selanjutnya? Anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan berkumpul di Washington, DC pada tanggal 15 dan 16 Desember untuk pertemuan terakhir mereka di tahun 2020. Meskipun ada kesepakatan universal di antara pengamat bahwa komite tidak akan membuat perubahan apa pun pada kisaran targetnya untuk tujuan utamanya. Policy rate yang saat ini 0,00% hingga 0,25%, ada beberapa langkah lain yang bisa dilakukan FOMC.

FOMC mempunyai potensi untuk memberikan panduan yang lebih spesifik di sekitar jangka waktu untuk pembelian lanjutan daripada “beberapa bulan mendatang” yang tidak jelas yang telah digunakannya. juga dijadwalkan untuk merilis Ringkasan Proyeksi Ekonomi (SEP) triwulanan, di mana ia menguraikan perkiraan makroekonomi dan proyeksi untuk tingkat kebijakan utamanya. Pada SEP September, hanya satu dari 17 anggota komite yang berpendapat bahwa kenaikan tarif akan sesuai pada akhir tahun 2022 dan 13 anggota berpikir bahwa FOMC akan ditunda hingga akhir tahun 2023. Patut untuk diawasi dengan seksama untuk melihat apakah FOMC berubah pikiran tentang prospek suku bunga kebijakan utamanya.

Sementara itu, akselerasi tak terduga dalam klaim pengangguran mingguan menunjukkan bahwa ekonomi masih jauh dari pemulihan penuh. Klaim pengangguran awal melonjak 137.000 menjadi 853.000, sementara klaim di bawah program Bantuan Pengangguran Pandemi (mendukung wiraswasta dan pekerja kontrak), meningkat 139.000 menjadi 427.000. Ini adalah kenaikan tertinggi sejak September. Sayangnya, tren kenaikan kemungkinan akan berlanjut karena pembatasan meningkat. Ini membuktikan bahwa pandemi terus mendikte jalur pemulihan ekonomi.

Lalu apa yang akan menjadi puat perhatian pekan ini?

Analisa Teknikal XAU/USD