GOLD: Spot Emas Kembali Bergerak Terbatas Dan Melemah

Forexsignal88.Com – Imbal hasil riil, obligasi terkait inflasi, telah menjadi pusat perhatian selama beberapa bulan, terutama karena XAU/USD mencapai titik tertinggi sepanjang masa di bulan Agustus. Pada titik ini, tampaknya Dolar AS yang defensif karena infeksi yang terus meningkat adalah pendorong utama kelemahan jangka pendek XAU/USD, meskipun faktor makroekonomi yang lebih luas sebagian besar berperan. XAU/USD bergerak mendekati level support pada harga $1848 namun belum menunjukan kegigihan baik keatas maupun kebawah.

Momentum juga telah berkurang dalam perdagangan dolar AS yang bearish. Ada kabar bahwa ada upaya intervensi yang dicurigai oleh Korea Selatan dan Thailand untuk membeli dolar AS tampaknya telah mengangkat greenback sedikit lebih tinggi secara umum di Asia. Dengan sedikit ruang untuk beralih pada suku bunga, dan dengan beberapa komentar publik tentang mata uang, kami berharap hal yang sama akan terus berlanjut.

Emas terus berjuang dan kenaikan kecil dalam dolar hari ini menempatkannya di bawah tekanan yang meningkat. Ini terlepas dari fakta bahwa imbal hasil telah terkoreksi sendiri setelah lonjakan awal Pfizer yang telah membuat dolar bertahan di sekitar posisi terendahnya dalam empat bulan terakhir.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah emas akan terus melemah seiring imbal hasil riil meningkat seiring membaiknya kondisi ekonomi, atau apakah kebijakan moneter yang lebih longgar masih cukup untuk membuat logam kuning tetap menarik?

Mari kita telaah lebih lanjut, apa yang akan terjadi jika suku bunga tetap rendah seperti rencana Federal Reserve? Maka biaya untuk memiliki emas akan menjadi rendah karena investor tidak melepaskan bunga yang seharusnya diperoleh.

Nah hal ini justru yang dapat membuat harga emas menjadi lebih tinggi serta meningkatkan volume uang yang beredar.

Hal ini pada gilirannya akan menjaga harga emas lebih tinggi, serta meningkatkan jumlah uang beredar dalam perekonomian. Yang merupakan faktor penting lainnya dalam penentuan harga logam mulia, karena ketika lebih banyak uang tersedia, harga mereka akan lebih tinggi dalam hal uang kertas, yang dapat menunjukkan bahwa emas dianggap sebagai ukuran likuiditas keuangan.

Melihat secara teknikal dari yang ada sekarang, harga emas masih tetap terjebak di dalam range diantara level support $1948 dan level resistance $1900 yang menjadi indikasi kebimbangan pelaku pasar untuk mengambil sikap mengenai emas.

Saat ini XAU/USD lebih mendekat kebawah namun apakah penembusan yang terjadi atau malahan reversal kita akan ikuti perkembangan pada hari terakhir pekan ini.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5