Emas batangan dan chart

GOLD: Menunggu Ledakan Harga Emas

Forexsignal88.Com – Sejak penurunan dasyat pada tanggal 9 November lalu dimana harga spot emas turun lebih dari $100 dalam satu hari, XAU/USD sudah bergerak sideway selama tujuh sesi perdagangan berturut-turut, bergerak di dalam kisaran yang stabil dan lebih sempit antara level support antara $1848 dan level resistance $1900 per ons.

Akhir-akhir ini Emas bergerak lebih mendekat kepada area atas mendekati $1900, namun demikian tidak ada percobaan yang berarti yang dilakukan pasangan ini untuk mencoba menembus resistance tersebut. Emas seperti bimbang dan kehilangan arah. Tetapi ada berita positif tentang vaksin virus corona yang berhasil dan tentang situasi Brexit. Baru-baru ini, saham telah jatuh di tengah kekhawatiran meningkatnya kasus virus corona.

Harga emas turun untuk hari kedua menjadi US $ 1.880, terutama dibebani oleh serangkaian berita vaksin positif yang meningkatkan prospek pemulihan ekonomi yang lebih cepat dan mengurangi ketergantungan pada stimulus. Terlepas dari optimisme tentang vaksin COVID-19, kekhawatiran tentang pertumbuhan terus muncul karena peningkatan kasus virus korona yang tiba-tiba di Amerika Serikat, Eropa, dan banyak negara lain di seluruh dunia.

Ketua Fed Jerome Powell kemarin memperingatkan risiko penurunan “signifikan” dalam ekonomi, “terutama dalam waktu dekat” karena kebangkitan infeksi virus corona. “Kekhawatirannya adalah bahwa orang akan kehilangan kepercayaan dalam upaya untuk mengendalikan pandemi dan mereka akan menarik diri dari aktivitas yang menurut mereka dapat menempatkan mereka pada risiko infeksi,” katanya. Dan sudah ada beberapa tanda-tandanya.

Mengingat jumlah virus korona yang meningkat pesat di seluruh dunia dan langkah-langkah penguncian yang lebih ketat, dukungan fiskal tampaknya masih sangat diperlukan untuk membantu ekonomi menghadapi pandemi dalam waktu dekat. Lingkungan moneter kemungkinan akan tetap akomodatif di masa mendatang untuk menahan risiko sistemik dan mendorong pemulihan yang rapuh. Ini berpotensi menawarkan harga beberapa dukungan, meskipun prospek jangka menengah hingga jangka panjang kemungkinan berubah menjadi bearish.

Pandangan teknikal kami adalah jika kenaikan ini ingin mempunyai kekuatan lebih maka XAU/USD harus menembus resistance $1900 untuk mengundang para pelaku pasar untuk melirik dan mulai ikut membeli. Dimana ini dapat membawa XAU/USD ke level resistance berikutnya pada harga $1915 sampai dengan $1933.

Bergerak dalam kisaran sempit untuk beberapa sesi perdagangan berturut-turut secara teknis menandakan ledakan harga yang akan segera terjadi untuk logam kuning kapan saja. Ini akan ditentukan oleh harga dolar dan sejauh mana selera risiko investor.

Pada sisi negatifnya, level dukungan di $ 1848 belum mampu ditembus, menurut kinerja pada grafik harian, yang mendukung kekuatan sisi bawah. Dan level support ini masih merupakan tahanan bawah kuat untuk saat ini.

Sumber: Cnbc.Com, Kitco News, Markewatch.Com, MT5