Emas Gold

GOLD Menunggu Kejelasan USD

Forexsignal88.Com – XAU/USD pada kemarin hari sempat anjlok ke area level $1770 namun pada menjelang penutupan berhasil membukukan kenaikan sampai ke area harga kisaran $1786 pada saat penulisan. Pasangan ini menunggu dolar untuk menyelesaikan kenaikannya dan bereaksi terhadap data ekonomi dan peristiwa penting untuk minggu ini. Dolar menguat di tengah kemungkinan kenaikan suku bunga di beberapa titik dalam waktu dekat.

Dolar AS yang lebih kuat dan prospek suku bunga yang lebih tinggi bukanlah kombinasi yang baik untuk emas. Logam mulia jatuh lebih dari 0,7% di sesi sebelumnya didukung komentar kenaikan suku bunga Janet Yellen dan memperpanjang penurunan tersebut hari ini.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Fed mungkin harus menaikkan suku bunga untuk mencegah ekonomi dari overheating. Penguatan dolar juga karena komentar dari Ketua Fed Jerome Powell, di mana dia mengatakan bahwa prospek ekonomi AS telah jelas membaik di tengah tingkat vaksinasi dan stimulus fiskal yang lebih cepat. Namun, dia memperingatkan bahwa ekonomi “belum keluar dari masalah”. “Saat pemulihan meningkat, hal itu lebih lambat bagi mereka yang memiliki pekerjaan bergaji rendah,” kata Powell pada acara Koalisi Reinvestasi Komunitas Nasional pada awal pekan.

Prospek kebijakan moneter yang lebih ketat dan suku bunga yang lebih tinggi telah menjadi fokus utama pasar selama beberapa bulan terakhir. Sementara pengulangan terus-menerus dari Ketua Fed Powell tentang sikap dovishnya mulai meresap, komentar Yellen akan membatalkan sebagian dari kerja keras itu, terlepas dari kemundurannya.

Perhatian sekarang akan beralih ke nomor penggajian non-pertanian / Non Farm Payroll hari Jumat untuk petunjuk lebih lanjut atas kesehatan ekonomi AS dan pemulihan di pasar tenaga kerja.

Perekonomian AS pulih jauh lebih cepat daripada negara-negara lain di dunia, dan ini terbukti dalam angka perdagangan saat kesenjangan melebar. Amerika mulai membelanjakan lagi, sementara eksportir AS menghadapi perlambatan permintaan eksternal di negara-negara yang pulih lebih lambat.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, defisit perdagangan AS mencapai $ 212,8 miliar, meningkat 64,2% dibandingkan defisit pada periode yang sama bulan lalu, di saat ekonomi AS sebagian besar ditutup karena pandemi virus corona. Amerika Serikat mencatat defisit sepanjang tahun 2020 sebesar $ 681 miliar, yang merupakan kesenjangan tahunan terbesar sejak 2008, karena virus tersebut mengganggu perdagangan global.

Secara teknikal, harga emas masih memiliki peluang untuk naik, dan kinerja bullish akan terus berlanjut dengan menembus level resistensi psikologis $ 1800. Dari sudut pandang perdagangan, fokusnya adalah pada terobosan level $1763- $1804 untuk panduan dengan reli yang lebih luas rentan sementara di bawah batas atas – waspadai kemungkinan kelelahan tinggi besok dengan kemunduran yang lebih luas kemungkinan akan menawarkan peluang yang lebih menguntungkan lebih dekat ke support.

Menerobos pertahanan seperti disebut diatas akan meningkatkan proses pembelian teknis dan dengan demikian bergerak menuju level resistensi yang lebih tinggi, yang terdekat adalah $ 1800, $ 1815 dan $ 1840. Di sisi lain, harapan bullish dapat pupus jika harga emas menembus level support $ 1730 per ounce.

Sumber: Kitco, Cnbc, Marketwatch, MT5