GOLD Meneruskan Penurunan Senin Lalu

Forexsignal88.Com – Memang nuansa yang ditunjukan oleh pergerakan XAU/USD ini lebih cenderung suram, khususnya setelah kabar vaksin menghajar intrumen safe haven ini. Emas mendapat pukulan keras pada hari Senin dengan pengumuman kemajuan Pfizer untuk vaksin virus corona, dan dukungan jangka pendek dari akhir September pada $1848 dikepung. Sulit untuk mencoba mendapatkan pegangan pada emas dengan kepingannya, tetapi tes dukungan jangka panjang dapat membantu memberikan kejelasan.

Memasuki pertengahan pekan, emas kembali mengalami sell-off dan turun dari level tertinggi harian pada harga $1884 ke level teredahnya di $1856. Padahal di Amerika Serikat sendiri sedang libur, namun meskipun hari libur AS hari ini akan meredam volume, dolar sedikit mundur di Asia, dengan indeks dolar jatuh ke 92,65.

Mata uang komoditas adalah yang paling unggul. AUD / USD telah naik 0,35% menjadi 0,7310, sedangkan NZD / USD telah melonjak 1,0% menjadi 0,6890 setelah Reserve Bank of New Zealand mempertahankan suku bunga tidak berubah pagi ini di 0,25 persen. Pada saat pasar saham lebih berhati-hati, pasar mata uang tampak puas untuk melanjutkan pergerakan ke mata uang pro-siklus, setelah tersendatnya pemilu AS, didorong oleh harapan pemulihan vaksin.

Jika dilihat dari segi teknikalnya, XAU/USD sekarang tampaknya rentan untuk mempercepat penurunan lebih jauh menuju support menengah di dekat zona horizontal $ 1833 sampai dengan $1815. Momentum tersebut dapat menyeret logam mulia lebih jauh di bawah angka bulat $ 1.800.

Sedangkan dari sisi positifnya, $1900 sekarang tampaknya bertindak sebagai resistance langsung dan diikuti oleh ayunan tertinggi semalam. Hanya pergerakan berkelanjutan di luar batasan tersebut yang dapat meniadakan pengaturan bearish dan memicu pemantulan short-covering.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5