Gold Menembus $1900 Kembali

Forexsignal88.Com – Gold kembali bergairah di awal pekan ini dengan bergerak mencapai melebihi $1900 pada kemarin hari ini. Namun setelah mencapai harga tertinggi pada $1906, Gold kembali normalisasi dibawah $1885 pada saat ini.

Kembalinya kecemasan, bersama dengan penurunan dolar, berkontribusi untuk mendorong harga emas melambung keatas, level tertinggi dalam satu setengah bulan. Tidak ada keraguan bahwa kestabilan harga logam kuning di atas resistensi akan memicu kembali kenaikan pembelian, dan kami tidak mengesampingkan keuntungan lebih lanjut, terutama jika strain baru pandemi COVID-19 menolak vaksin. Belakangan ini, perdagangan emas berinteraksi dengan meningkatnya optimisme pasar keuangan global di tengah perkembangan positif terkait vaksin COVID-19. Namun, data ekonomi AS baru-baru ini memberikan hasil yang beragam, yang mendorong kenaikan emas.

Selain itu janji bank sentral Amerika Serikat untuk menjaga suku bunga rendah dan menguat dalam panduan ke depan di QE, serta paket fiskal terbaru yang disetujui oleh Kongres adalah kekuatan pendorong utama yang mendukung logam kuning. Pada pertemuan FOMC minggu lalu, Fed berjanji untuk mempertahankan program QE, membeli $ 120 miliar dari Treasury dan sekuritas berbasis mortgage, “sampai kemajuan substansial lebih lanjut telah dibuat menuju ketenagakerjaan maksimum dan tujuan stabilitas harga Komite”.

Pada chart harian ada potensi Gold melakukan koreksi kebawah, dan jika ini yang terjadi pada esok hari maka XAU/USD akan turun ke level $1850 dan level support selanjutnya akan berada pada $1821.

Sebaliknya jika ternyata pelonjakan keatas yang terjadi, maka XAU/USD akan kembali harus melewat beberapa resistance mulai dari $1885 yang terdekat, lalu resistance harga $1900 akan kembali dicoba kekuatannya.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5