Emas Batang

GOLD: Masih Overbought, Koreksi Keatas Masih Terbatas

Forexsignal88.Com – Rilis berita Pfizer BioNTech melihat pasar segera memperkirakan langkah-langkah stimulus fiskal yang cukup besar di Amerika Serikat. Kurva imbal hasil AS menanjak drastis, terutama dalam tenor 30 tahun. Meskipun alasannya mungkin terlalu dini, efek akhirnya tidak, dengan sedikit kemungkinan itu akan terjadi sekarang jika Partai Republik memenangkan putaran kedua Georgia pada bulan Januari, dan tidak ada peluang selama masa transisi.

Emas memang dibantai pada pembukaan pekan ini. Mungkin ada dua faktor yang bekerja di balik pembantaian itu. Pertama, seperti saya, banyak investor mungkin berubah menjadi bullish pada gambaran teknis yang kuat yang menunjukkan penembusan sisi atas jangka menengah, didukung oleh pasar ekuitas yang meningkat. Singkatnya, pasar sedang panjang dan sangat salah ketika berita utama vaksin melanda.

Emas tetap di bawah tekanan meskipun ada sedikit peningkatan dari harga terendah Senin di $ 1850. Logam mulia menumpahkan lebih dari $ 100 / oz. pada satu titik kemarin karena pasar risiko mengambil tawaran besar pada berita vaksin Covid-19 yang positif. Aset safe-haven tradisional, termasuk emas, menjadi korban dari risiko terburu-buru, dengan logam mulia memusnahkan keuntungan selama enam minggu dalam satu sesi. Dolar AS juga kehilangan beberapa daya tarik safe-haven, tetapi kenaikan imbal hasil Treasury AS dan mempersempit imbal hasil riil AS, mendukung greenback dan membebani emas.

Sedangkan dari sisi data ekonomi Treasury AS 10-tahun yang diikuti dengan ketat mencapai imbal hasil 0,94% pada hari Senin, tertinggi baru delapan bulan, karena investor menjatuhkan aset safe-haven. Imbal hasil benchmark 10-tahun juga berada di bawah tekanan dari dealer dan investor yang mendorong harga turun / naik menjelang lelang obligasi AS 3, 10 dan 30 tahun yang cukup besar minggu ini. Kemarin $ 54 milyar catatan 3 tahun dihargai, hari ini investor akan ditawarkan $ 41 milyar catatan 10-tahun, sementara pada Kamis $ 27 milyar obligasi 30 tahun akan dijual. Meningkatnya imbal hasil Treasury AS juga memaksa imbal hasil riil AS untuk mempersempit / menjadi kurang negatif, pengaturan bearish lebih lanjut untuk emas.

Analisa XAU/USD Hari Ini