Gold

GOLD Masih Bertahan Di Level Atas

Forexsignal88.Com – Harga emas pekan lalu menikmati kenaikan hampir 3%, menandai kinerja mingguan terbaik mereka dalam empat bulan. Sejak awal tahun 2021 hingga saat ini, emas mengalami penurunan sekitar 7%. Harga emas agak lebih tinggi dalam transaksi AS tengah hari Selasa kemarin, dengan perak menahan sedikit kenaikan. Dalam tanda bullish, pedagang melangkah untuk membeli penurunan awal harga emas. Logam kuning mencapai tertinggi tujuh minggu pada hari Senin. Emas berjangka Juni terakhir naik hampir $9 pada level harga $1780.

Di antara faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas adalah dolar yang mempertahankan jalur bearishnya sejak pekan lalu, dengan penurunan Indeks Dolar AS (DXY) ke 91,10, dari pembukaan di 91,58. DXY, yang mengukur kinerja greenback terhadap sekeranjang enam mata uang saingan utama, turun lebih dari 1% minggu lalu. Meski demikian, indeks masih naik 1,3% year-to-date.

Seminggu yang lalu, tercatat bahwa “Dolar AS (melalui Indeks DXY) terus diperdagangkan lebih rendah setelah kehilangan tren naik dari posisi terendah ayunan Februari dan Maret. Ada kemungkinan bahwa Indeks DXY sedang dalam pergolakan formasi wedge naik yang bearish, yang pada akhirnya menyerukan kembalinya ke terendah Februari di 89,68. Memperkuat pandangan untuk kemunduran yang lebih dalam adalah kembalinya saluran paralel yang meningkat sejak Desember 2020; ini mungkin upaya breakout bullish yang gagal.

Analis pasar juaga mengaitkan situasi meningkatnya ketegangan geopolitik antara Rusia dan Amerika Serikat dapat menjadi salah satu katalis utama untuk merangsang pemulihan baru logam mulia. Selain itu, kampanye peluncuran vaksin COVID-19 yang mengecewakan di seluruh dunia dan masalah kesehatan terkait beberapa vaksin virus corona juga dapat menaikkan harga emas.

Selain itu Federal Reserve AS telah meyakinkan pasar keuangan bahwa ia tidak akan “menghentikan” dukungan moneter untuk perekonomian. Selain itu, inflasi komoditas yang tersebar di pasar global menimbulkan spekulasi safe haven, dimana kondisi ini bisa mengangkat harga emas lebih tinggi lagi.

Analisa Teknikal Emas