GOLD Masih Belum Pulih, Pelemahan Masih Bisa Berlanjut

Forexsignal88.Com – Harga emas sedang mencerna kerugian setelah meluncur ke level terendah dalam lebih dari empat bulan. Aksi harga semalam yang terlihat di tempat lain tidak memberikan keuntungan nyata bagi emas karena berakhir tidak berubah pada $1808.00 per ounce. Logam mulia ini jatuh karena dorongan pergeseran dari ekstrem dovish pada ekspektasi kebijakan Fed dan dengan demikian merusak daya tarik.

FOMC mungkin akan menyelamatkan emas pada bulan Desember jika mereka membatasi imbal hasil AS dalam tenor 10 tahun plus. Itu adalah usia yang jauh bagi investor yang sudah lama sekarang. Dengan harga pasar keuangan dalam pemulihan global yang didorong oleh vaksin dan perluasan stimulus fiskal AS, yang menyebabkan kenaikan imbal hasil AS, emas tidak akan menemukan pelipur lara dari melemahnya dolar AS.

Risalah pertemuan FOMC di bulan November menunjukkan bahwa pembuat kebijakan sangat optimis tentang pemulihan ekonomi dan dampak dari alat kebijakan moneter terhadap prospek ekonomi. Karena suku bunga negatif telah dikesampingkan, alat kebijakan masa depan Fed bergantung pada pembelian aset (QE).

Risalah tersebut mengungkapkan bahwa anggota melakukan diskusi mendalam tentang program pembelian aset. Mereka umumnya sepakat bahwa “kecepatan dan komposisi saat ini efektif dalam mendorong kondisi keuangan yang akomodatif”. Pasar telah mengantisipasi bahwa Fed akan menyesuaikan ukuran pembelian bulanan dan rata-rata jatuh tempo obligasi. Nampaknya The Fed tidak mendesak untuk melakukan penyesuaian.

Liburan Thanksgiving di Amerika Serikat kemungkinan akan melihat pengurasan likuiditas dari pasar keuangan. Dengan banyak pelaku pasar di Amerika Serikat yang memilih akhir pekan yang panjang, volume tidak mungkin dibangun kembali dengan sungguh-sungguh sampai minggu depan.

Jadi sampai minggu depan kami berharap sahabat trader bisa lebih waspada terhadap gerakan emas dan mata uang secara umum.

Secara teknikal XAU/USD masih terjepit antar sisi bawah level support pada harga $1800 dan level tertinggi setelah penurunan tajam pada harga $1818.

Sumber: Kitoc News, Bloomberg.Com, Cnbc.Com, MT5