Berita Emas Hari Ini - Analisa Emas

GOLD: Kemana XAU/USD Akan Berjalan? Apa Yang Harus Diperhatikan?

Kami memperkirakan bahwa PDB riil meningkat pada tingkat tahunan 28,6% di Triwulan ke-3. Pengecekan stimulus dan peningkatan tunjangan pengangguran telah secara signifikan meningkatkan pendapatan rumah tangga, yang kemungkinan mendorong pemulihan yang cepat dalam belanja barang tahan lama konsumen. Suku bunga hipotek yang rendah dan kebutuhan akan ruang yang lebih layak huni juga telah menghasilkan kenaikan yang cepat dalam penjualan rumah dan konstruksi perumahan. Investasi bisnis juga cenderung meningkat, meskipun konstruksi nonhunian masih lemah seiring dengan meningkatnya tingkat kekosongan dan tertekannya aktivitas pengeboran di sektor minyak dan gas.

Penjualan Rumah Baru

Penjualan rumah baru naik 4,8% menjadi 1,011 juta unit selama Agustus. Peningkatan yang kuat ini adalah laju penjualan terkuat sejak September 2006. Penjualan terutama kuat di Selatan, yang mencatat laju penjualan tercepat (636.000) sejak 2005. Kinerja terbaik kawasan ini kemungkinan besar disebabkan oleh pergeseran yang sedang berlangsung dari yang lebih tinggi- area biaya di Barat dan Timur Laut.

Meskipun tingkat hipotek mencapai rekor terendah, kemungkinan akan sulit untuk mempertahankan laju penjualan yang begitu cepat. Pertumbuhan lapangan kerja tampaknya sedang, yang mungkin akan segera mulai mengurangi permintaan akan perumahan. Persediaan juga tetap rendah, menunjukkan bahwa pembangun menjual rumah lebih cepat daripada kemampuan mereka membangunnya. Harga kayu mulai turun akhir-akhir ini tetapi tetap sangat tinggi, yang dapat menunda pembangunan baru. Secara keseluruhan, kami memperkirakan penjualan rumah baru akan tetap kuat, tetapi beberapa moderasi dalam pertumbuhan mungkin terjadi di bulan-bulan mendatang.

Durable Goods Order

Pesanan barang tahan lama naik hanya 0,5% selama Agustus, penurunan tajam dibandingkan dengan kenaikan 11,7% yang cukup besar di bulan Juli. Penurunan gigi pada bulan tersebut sebagian disebabkan oleh penurunan pesanan kendaraan bermotor sebesar 4,0%, karena permintaan mobil yang terpendam dari periode penguncian tampaknya menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Pesanan inti, atau pesanan barang modal non pertahanan tidak termasuk pesawat terbang, bertahan jauh lebih baik dan naik 1,8%. Hasil yang lebih baik dari perkiraan dalam pesanan inti di bulan Agustus menunjukkan bahwa pemulihan belanja modal tidak akan berhenti.

Mengingat kekuatan baru-baru ini, bagaimanapun, beberapa pelemahan dalam pertumbuhan dalam beberapa bulan mendatang kemungkinan besar terjadi. Namun, pengiriman belanja modal non-pertahanan naik 3,3% selama satu bulan dan naik 33% secara tahunan selama dua bulan terakhir. Secara keseluruhan, kekuatan relatif dalam pengiriman menandakan belanja peralatan akan menjadi kontributor utama bagi kenaikan PDB yang diharapkan pada kuartal ketiga.

Analisa Teknikal XAU/USD

XAU/USD yang masih bingung mau naik ataupun turun ini akan kembali bergerak seperti ini pada pekan depan kecuali ada katalis yang akan membawa kepastian bagi Emas.

Jika turun maka level support yang ahrus dihadapi adalah $1894 yang beberapa kali masih gagal untuk ditembus. Jika terus turun maka XAU/USD akan turun ke selanjutnya harga $1880 dan $1860.

Kenaikan XAU/USD akan berhadapan dengan $1820 sampai dengan $1832 yang masih belum mampu ditembus pada pekan lalu.

Sumber: Cnbc.COm, Kitco News, Bloomberg, MT5