Berita Emas Hari Ini - Analisa Emas

GOLD: Kemana XAU/USD Akan Berjalan? Apa Yang Harus Diperhatikan?

Forexsignal88.Com – XAU/USD tidak mengalami minggu yang baik dan tetap bergerak terombang ambing. Biarpun USD menjadi mata uang paling lemah pada pekan lalu tetapi Emas tetap belum bergerak naik dengan meyakinkan. Sepmat melesat ke harga $1831 namun ditutup masih saja di kisaran harga $1900.

Karena itu, perhatikan Indeks Dolar AS karena akan memiliki pengaruh besar terhadap apa yang terjadi dengan emas, karena emas tentu saja dianggap sebagai “permainan anti-dolar” oleh banyak pedagang. Namun, ada juga kemungkinan bahwa keduanya akan naik lebih tinggi pada akhir bulan jika ada tipe sikap “risk off” yang masif. Karena itulah kita perlu sangat memperhatikan apa yang mendorong dolar AS naik atau turun. Jika ada sedikit ketakutan secara umum, kedua pasar ini akan reli tetapi pada saat yang sama jika dolar AS mulai melemah, itu bisa mendorong emas lebih tinggi juga. Dengan kata lain, emas bisa saja naik.

Perlu diingat juga bahwa bank sentral di berbagai negara akan melakukan stimulus besar-besaran sehingga mengeringkan nilai mata uang fiat secara umum. Itu membuat orang mencari aset keras untuk dimanfaatkan, dan karena ini kasusnya, emas adalah perdagangan utama. Jika kita bisa menembus di atas candlestick selama minggu terakhir setiap bulan, pasar kemungkinan besar akan mengarah ke level $ 2000.

Apa Yang Harus Diperhatikan?

Politik AS – Pemilu 3 November

Presiden Trump memiliki kinerja yang kuat dalam debat final dan perdebatan sipil, tetapi sepertinya itu tidak cukup untuk menggerakkan jarum. Mantan-VP Biden tidak mengalami kesalahan besar, meskipun beberapa orang akan berpendapat bahwa pernyataan minyaknya adalah kesalahan sendiri. Biden melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk mempertahankan keunggulannya. Presiden Trump kemungkinan akan melihat lonjakan dalam jajak pendapat tetapi dengan hampir seperempat suara kemungkinan masuk dan jumlah pemilih yang ragu-ragu berada dalam satu digit, Wall Street dapat terus memperhitungkan kemenangan Biden.

Sama pentingnya adalah pemilihan Senat dan kemungkinan akan membutuhkan antrian besar setelah konfirmasi Amy Coney Barrett ke Mahkamah Agung. Biden telah menyatakan dia akan keluar dengan posisi yang jelas sebelum Hari Pemilu tentang di mana dia berdiri untuk memperluas Mahkamah Agung. Ini bisa menjadi risiko terbesar bagi gelombang biru. Partai Republik yang tidak setuju dengan Presiden Trump mungkin ingin memberikan suara merah untuk Senat untuk mempertahankan mayoritas konservatif di Mahkamah Agung. Beberapa pemilihan Senat akan diperebutkan dan tampaknya kami tidak akan memiliki gambaran yang lebih jelas sampai setelah Hari Pemilihan.

Data Ekonomi PDB

Selain Hari Pemilu 3 November, fokus di AS akan tertuju pada pembacaan lanjutan PDB. PDB riil turun dengan tingkat tahunan sebesar 31,4% yang hampir tidak pernah terjadi sebelumnya selama Triwulan ke-2. Anjloknya aktivitas ekonomi terjadi karena perintah stay-athome dikeluarkan dan banyak bisnis ditutup untuk menekan penyebaran COVID. Meskipun wabah regional terus berlanjut sepanjang musim panas dan musim gugur, sebagian besar negara telah dibuka kembali dan kondisi ekonomi sebagian besar membaik.