Emas Batang

GOLD: How Low Can You Go?

Forexsignal88.Com – Untuk hari kedua setelah penantian yang lama, XAU/USD kembali bergerak dan kali ini terjembab ke bawah. Gold turun terhadap USD pada perdagangan spot pada Selasa dari level tertinggi harian $1838 dan anjlok secara tiba tiba pada menjelang akhir sesi Asia. Setelah itu XAU/USD turun sampai ke level terendah pada harga $1805.

Berita vaksin membuat bola bergulir sejak kemarin dimana vaksin yang sedang dikembangkan oleh AstraZeneca memang tidak seefektif perusahaan lainnya seperti Pfizer tetapi jauh lebih murah dan lebih mudah disimpan. Ekonomi AS benar-benar memanas, dan bahwa bisnis merasa jauh lebih baik tentang masa depan di dunia yang divaksinasi.

Selain itu, persetujuan resmi untuk Presiden terpilih AS Joe Biden untuk memulai transisi Gedung Putih dan laporan bahwa mantan Ketua Fed Janet Yellen dapat menjadi Menteri Keuangan AS berikutnya semakin meningkatkan kepercayaan investor. Kombinasi tersebut menyiratkan sinergi yang belum pernah terjadi sebelumnya antara fiskal dan moneter kebijakan.

Sedangkan data ekonomi PMI yang membaik ini menambah alasan untuk penurunan Gold yang masif. PMI mengirimkan gelombang kejutan ke sebagian besar aset. IMP manufaktur dan jasa awal AS dari Markit melonjak ke tertinggi multi-tahun, dengan survei menunjukkan rekor peningkatan dalam tekanan lapangan kerja dan inflasi.

Sementara itu, spekulasi bahwa Fed mungkin akan melemah lebih lanjut pada bulan Desember di tengah kekhawatiran tentang kejatuhan ekonomi dari lonjakan terus-menerus kasus virus korona baru yang terus membebani dolar AS. Namun, kelemahan USD berbasis luas, tidak banyak memberikan dukungan apa pun kepada komoditas dalam denominasi dolar atau menghambat penurunan intraday ke level terendah sejak 20 Juli.

Analisa Teknikal XAU/USD Hari Ini