Emas Batang

GOLD: Harga Emas Semakin Melaju Keatas Menuju $1800

Forexsignal88.Com – Terlepas dari pemulihan dolar AS selama sesi perdagangan baru-baru ini, harga emas XAU/USD mencoba mempertahankan posisinya minggu ini. Harga emas melonjak menuju level resistensi $1788. Dolar AS membalikkan kerugian sebelumnya untuk membukukan kenaikan harian terhadap beberapa mata uang utama lainnya setelah Institute for Supply Management (ISM) Services Purchasing Managers’ Index (ISM) mengacaukan ekspektasi pasar dengan reli Juli berbeda dengan ukuran alternatif yang disusun oleh S&P Global.

Secara teknikal, logam kuning menantang area resistance. Masih harus dilihat apakah pembeli akan cukup kuat untuk mendorong harga di atas hambatan kenaikan langsung. Anehnya atau tidak, harga emas menguat dan menghapus kerugian kemarin meskipun IMP Jasa ISM AS berada di 56,7 di atas 53,5 pada sesi perdagangan kemarin. Pengiriman pemasok juga dipercepat sementara sub-komponen harga pengukur turun 7,8% dalam penurunan bulanan ketiga berturut-turut, juga penurunan terbesar sejak 2017, menunjukkan bahwa tekanan inflasi mungkin sedang.

Hari ini, fundamental bisa mendorong pasar. Indikator utama menunjukkan angka yang sedikit di bawah ekspektasi dalam laporan NFP bulan ini, dengan pertumbuhan pekerjaan utama berpotensi berada di kisaran 150K-250K.

Dalam laporan pratinjau NFP bulan lalu, pasar tenaga kerja AS masih menghasilkan jumlah posisi baru yang solid secara konsisten, dengan pengusaha bersaing untuk menawarkan upah yang menarik untuk menarik bakat. Terhadap latar belakang itu, Federal Reserve berkomitmen untuk secara cepat memperketat kebijakan moneter untuk memastikan bahwa inflasi tidak menjadi semakin tinggi dalam spiral harga upah.

Sementara dinamika itu masih berlangsung sampai batas tertentu, perlu dicatat bahwa para pedagang dan ekonom memperkirakan perlambatan yang cukup besar dalam pertumbuhan lapangan kerja AS: Untuk laporan NFP Juni, ekspektasi konsensus hanya untuk 250 ribu pekerjaan baru bersih dan pendapatan rata-rata per jam diproyeksikan meningkat sebesar 0,3% dari bulan ke bulan.

Pada data ekonomi lain, Komponen Ketenagakerjaan ISM Services PMI berada di 49,1, naik sedikit dari pembacaan 47,4 bulan lalu, tetapi masih di wilayah kontraksi (<50). Komponen Ketenagakerjaan IMP Manufaktur ISM naik menjadi 49,9, sekali lagi naik dari pembacaan bulan lalu (47,3) tetapi tidak cukup di wilayah positif. Akhirnya, rata-rata pergerakan 4 minggu dari klaim pengangguran awal naik menjadi 255 ribu, naik dari pembacaan 233 ribu bulan lalu.

Sebagai pengingat, keadaan pasar tenaga kerja AS tetap lebih tidak pasti dan bergejolak dari biasanya karena muncul dari gangguan pandemi COVID yang belum pernah terjadi sebelumnya. Indikator menunjukkan angka yang sedikit di bawah ekspektasi dalam laporan NFP bulan ini, dengan pertumbuhan pekerjaan utama yang berpotensi berada di kisaran 150 ribu-250 ribu, meskipun dengan rentang ketidakpastian yang lebih besar. dari sebelumnya mengingat latar belakang global saat ini.

Indeks dolar AS mencapai puncaknya di dekat 109,00 di pertengahan bulan lalu sebelum menarik kembali ke EMA 50 hari selama paruh kedua Juli. Awal pekan ini, indeks memasang candle bullish engulfing besar dari level support tersebut, menandakan bahwa tren naik jangka panjang mungkin akan berlanjut. Dengan suku bunga menemukan support pada level logis dan tidak lagi overbought, bias kami condong ke arah penguatan greenback setelah laporan NFP.

Sementara itu The Fed mengakui tanda-tanda perlambatan pekan lalu, banyak pejabat Fed juga dengan cepat mengungkapkan skeptisisme tentang gagasan bahwa ekonomi berada di puncak resesi dan data Rabu merupakan salah satu indikasi bahwa mereka mungkin benar untuk bersikap konservatif. Sejauh pesan survei ISM direplikasi oleh data lain dalam beberapa minggu mendatang, itu dapat membuat The Fed merasa lebih nyaman untuk terus menaikkan suku bunga dalam kenaikan besar selama beberapa bulan mendatang, terutama jika inflasi tidak menunjukkan tanda-tanda melakukannya.

Analisa Teknikal XAU/USD