Berita Emas - Emas Batangan - Trading Emas

GOLD: Harga Emas Menunggu Kepastian Untuk Break Keatas

Forexsignal88.Com – Meskipun merayap lebih rendah menuju backend minggu ini, aksi harga emas telah agak menggembirakan dengan logam mulia mencoba untuk membentuk dasar ganda. Puncak dari penurunan USD dan imbal hasil AS sebagian besar telah menopang harga emas, namun, area utama di $ 1760-65 terus membatasi reli dan dengan demikian menjaga risiko tetap turun.

Logam kuning memiliki awal yang sangat baik untuk kuartal kedua, dengan harga naik sekitar 1% dalam seminggu. Emas berjangka Comex bulan Juni diperdagangkan pada $1746. Awal pekan ini, logam mulia naik hampir $ 50 sejak Jumat lalu karena diperdagangkan mendekati level $1760.

Emas memiliki peluang untuk menembus di atas level pertahanan utama $ 1.750 per ounce minggu depan. Inilah yang perlu diperhatikan investor.

Saat kita melihat ke minggu depan, fokus utama adalah pada pembacaan IHK AS, yang akan menjadi faktor kunci apakah harga emas berhasil menembus resistance atau kembali ke $1700. Melihat pembacaan bulan lalu, yang melihat tingkat IHK utama sejalan dengan ekspektasi, pembacaan inti sedikit lebih lembut. Pada gilirannya, reaksi awal emas lebih tinggi, atas dasar imbal hasil AS turun tipis. Bersamaan dengan ini, mengingat bahwa pasar tetap terpaku bahwa lonjakan inflasi akan datang, jika kita melihat sedikit kekecewaan pada angka tersebut, ini mungkin memberikan alasan yang baik untuk pelanggaran $1760-65, pemikiran saya di balik ini adalah bahwa imbal hasil telah menjadi penentu terbesar untuk logam mulia.

Perubahan sentimen dapat mendukung emas ke depan, terutama menjelang data inflasi AS pada hari Selasa, yang juga dapat melonjak setelah data PPI yang sangat kuat pada hari Jumat.

Angka CPI yang lebih kuat dari perkiraan dapat memicu reli lain dalam imbal hasil. Tetapi jika emas dapat bertahan di sekitar level $1750, maka ada potensi logam kuning untuk pulih ke $1800 per ounce. Kabar baik untuk emas adalah bahwa ia mungkin telah mencapai posisi terendahnya selama kuartal pertama tahun 2021.

Secara teknis XAU/USD akan ditahan sementara ini pada harga resistance $1760 dimana penembusan resistance ini akan membawa emas menuju $1800. Namun jika pasar ternyata memilih untuk mendukung bearish, maka penurunan akan menuju $1700 dan setelah itu akan memberikan percobaan penembusan pada level support $1676.

Sumber: Kitco News, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5