Gold

GOLD: Harga Emas Masih Mencari Arah Pergerakan.

Forexsignal88.Com – Sesi perdagangan terakhir untuk harga satu ons emas menyaksikan stabilitas relatif dalam kisaran antara level support $1812 dan level $1823. Itu menjadi stabil di sekitar level $1810 pada saat penulisan analisis. Pasar emas tetap stabil karena investor membebani prospek pengetatan kebijakan moneter dan ancaman variabel virus omicron terhadap pemulihan ekonomi global. Pasar keuangan global secara umum sedang menyeimbangkan masa depan pemulihan ekonomi, yang diimbangi dengan cepatnya penyebaran variabel Corona baru.

Dikarenakan kemerosotan di pasar properti dan wabah virus yang berulang mengurangi ekonomi, semakin banyak bank sentral global berusaha untuk menormalkan kebijakan moneter untuk menahan tekanan harga. Contoh seperti negara Cina yang pada hari Senin kemarin memangkas suku bunga utamanya untuk pertama kalinya sejak puncak epidemi pada tahun 2020.

Sehubungan dengan perkembangan seputar Federal Reserve, pasar saat ini memperkirakan dalam empat kenaikan suku bunga tahun ini, dengan swap bunga semalam menunjukkan kemungkinan kenaikan 50 basis poin pada bulan Maret. Keputusan suku bunga Federal Reserve Januari akan disampaikan minggu depan ketika para pedagang suku bunga akan memasukkan petunjuk terbaru di jalur Fed.

Imbal hasil obligasi pemerintah yang lebih tinggi, terutama Treasuries, biasanya merugikan emas karena menjadi aset tanpa bunga. Namun, ekspektasi inflasi yang tinggi telah membantu mendukung harga emas. Selain daya tarik lindung nilai inflasi emas, investor cenderung menyukai logam kuning selama volatilitas pasar meningkat. Itu mungkin menjelaskan mengapa harga spot turun hanya dua persepuluh persen minggu ini sejauh ini dibandingkan aset beta tinggi seperti saham AS, yang mengalami kerugian besar semalam.

Selain dari AS, situasi geopolitik saat ini pun mulai memanas sehingga menjadi faktor perlindungan kepada harga emas. Ada kabar bahwa Rusia dapat meluncurkan invasi ke Ukraina kapan saja. Moskow terus mengarahkan aset militer ke perbatasan Ukraina meskipun ada tekanan internasional yang meningkat, dengan jumlah pasukan dilaporkan di utara 100 ribu tentara.

Emas secara historis mengungguli kelas aset utama lainnya selama periode konflik militer besar, khususnya pada awal konflik.

Analisa Teknikal XAU/USD