emas bullion gold

GOLD: Harga Emas Lagi Lagi Tersendat Untuk Naik

Forexsignal88.Com – Pekan ini mungkin bukanlah pekan yang baik bagi para trader emas. Pelemahan logam mulia yang tiba-tiba dapat dijelaskan oleh optimisme yang mengambil alih pasar setelah pengumuman vaksin virus korona oleh Pfizer, memunculkan selera risiko dan meningkatkan kinerja aset berisiko seperti saham. Saat ini, Pfizer menjadi perusahaan popular yang banyak di dekati oleh beberapa negara yang sedang bernegosiasi dengan Pfizer untuk mengamankan dosis vaksin tersebut, yang menurut data awal perusahaan lebih dari 90% efektif.

Sejauh ini, emas berjangka telah menyerah dari kenaikan minggu lalu, turun 4,50 persen. Setelah hampir USD100 per ons runtuh pada hari Senin, emas telah gagal untuk menutup penurunan itu. Emas terus mengkonsolidasikan kerugiannya, sedangkan dolar telah pulih dari penurunan minggu lalu, karena Indeks Dolar AS naik 0,78 persen.

Harga spot emas melonjak sejak pandemi covid dimulai akibat ketidakpastian mata uang di banyak negara. Investor juga berusaha untuk menghindari risiko di seluruh pasar dan telah mendorong pedagang dan investor menuju aset safe-haven. Banyak juga yang takut akan inflasi yang tinggi, karena bank sentral internasional sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan suku bunga negatif dan memiliki neraca yang mencapai rekor tertinggi.

Kemenangan kandidat demokratik Joe Biden baru-baru ini meningkatkan harapan untuk stimulus tambahan di Amerika Serikat, yang pada saat ini diperlukan dan akan memiliki efek positif dalam jangka pendek dan menengah. Selain itu, fakta bahwa pandemi terus melonjak di seluruh dunia menandakan bahwa upaya stimulus tidak akan berhenti dalam waktu dekat.

Analisa Teknikal XAU/USD Hari Ini