Gold

GOLD: Harga Emas Akhirnya Rally Keatas, Apakah Ini Rally Asli Atau Palsu?

Analisa Teknikal XAU/USD

Tidak diragukan lagi kekuatan atau kelemahan dolar memainkan peran yang sangat penting dalam perubahan harga emas sehari-hari. Pada dasarnya kekuatan atau kelemahan dolar memiliki korelasi yang tepat dengan perubahan harga emas. Itu karena di Amerika Utara harga emas dipasangkan terhadap dolar AS. Sentimen pasar yang menentukan apakah pedagang dan investor menawar harga emas lebih tinggi atau lebih rendah selalu hanya sebagian bertanggung jawab atas perubahan harga bersih emas.

Kemarin, pelaku pasar adalah pembeli agresif yang mengambil harga emas spot sekitar $24 lebih tinggi. Namun, kekuatan dolar memainkan peran penting yang menghasilkan keuntungan bersih emas hanya $9,10.

Kerangka waktu mingguan terus menunjukkan bahwa puncak ganda terbentuk untuk harga emas, dengan dua puncak diukir pada tertinggi Agustus 2020 dan Maret 2022. Sejak bearish outside engulfing bar pada jangka waktu mingguan di akhir April, harga emas belum mampu mempertahankan tawaran beli yang berarti.

Secara kerangka grafik harian, harga emas yang kembali naik akan menemukan resistance pada kisaran rentang garis MA pada level antara $1888 samapi dengan $1892 sebelum mampu melaju lebih tinggi lagi ke level resistance $1910.

Sebaliknya jika harga emas dihempaskan kebawah oleh hasil data NFP malam ini maka tujuan target pertamanya adalah $1843 dan lebih bawah lagi akan ada level psikologis yang menunggu pada level $1800.

Sumber: Kitcon News, CNBC, Marketwatch, MT5