Emas dan Dolar AS - Gold

GOLD: Emas Mulai Kembali Berkilau, Apakah Kenaikan Ini Akan Bertahan?

Forexsignal88.Com – Di tengah perdagangan minggu ini, emas mencoba rebound lebih tinggi, tetapi kenaikannya tidak melebihi level $1850. Gold saat ini stabil di sekitar $ 1841 pada saat menulis analisis. Pembeli sedang mencari katalis kuat untuk menghindari keruntuhan di bawah level dukungan psikologis $1800, yang dapat meningkatkan pergerakan beruang dengan kuat menuju level yang lebih rendah. Kembalinya kekuatan dolar AS menjadi katalis kuat untuk mencegah harga emas bergerak lebih jauh.

Emas telah sangat lemah, tetapi setelah pembalikan tajam pada hari Senin, prospek berubah positif dalam waktu dekat. Pembalikan pada hari Senin juga bukan tanpa level, karena terjadi setelah awalnya menembus garis tren dari terendah Maret 2020.

Garis tren ini cukup signifikan mengingat titik beloknya adalah rendahnya peristiwa besar, pandemi, dan rendahnya mini flash-crash yang terjadi Agustus lalu. Dengan harga menurun melalui garis tren dengan jumlah yang berarti sebelum berbalik untuk menutup sesi di atas, ini menambah validasi signifikan pada kepentingannya.

Sepertinya ada penghindaran risiko di pasar selama 24 jam terakhir, dengan pasar saham turun drastis, dan bukannya secara khusus mendukung dolar, emaslah yang telah berkinerja baik yang belum benar-benar terjadi dalam beberapa minggu terakhir.

Federal Reserve AS telah kembali menekankan kuat ke pasar keuangan bahwa siap untuk kecepatan menaikkan suku bunga AS, yang kehilangan selera investor untuk membeli emas sedikit. Para ekonom juga menurunkan perkiraan pertumbuhan kuartal kedua mereka menjadi 1,5% tahun-ke-tahun dari 4% sebelumnya, menurut sebuah laporan pada hari Rabu.

Di sisi lain, pasar emas menemukan momentum dari berlanjutnya perang Rusia-Ukraina dan ekspektasi negatif terhadap pertumbuhan ekonomi Tiongkok di masa depan sehubungan dengan wabah baru dan pembatasan yang diberlakukan untuk menahan Covid-19. Perkiraannya untuk pertumbuhan PDB China tahun ini menjadi 4% dari 4,5%, mengutip data ekonomi yang lebih buruk dari perkiraan pada bulan April.

Sementara itu data ekonomi dari AS, Pasar tenaga kerja AS menjadi semakin ketat, tetapi pada saat yang sama, tingkat pergantian pekerjaan terus meningkat. Data mingguan terbaru menunjukkan bahwa jumlah klaim pengangguran baru turun lebih jauh ke 1,317 juta, terendah baru sejak 1969 ketika populasi AS berkurang 40% dari sekarang.

Laporan ketenagakerjaan terbaru mencatat peningkatan lapangan kerja, masuk akal untuk berasumsi bahwa kenaikan klaim awal disebabkan oleh orang-orang yang lebih aktif dan cepat menemukan pekerjaan.

Salah satu efek sekunder dari situasi pasar tenaga kerja saat ini mungkin adalah tingkat pertumbuhan upah yang tinggi secara terus-menerus. Ini adalah sinyal yang baik dari kegiatan ekonomi. Namun, itu juga harus meningkatkan kewaspadaan para hawks di Federal Reserve AS, mengatur mereka untuk mengencangkan kebijakan moneter lebih ketat dan lebih cepat.

Rally USD yang telah menenggelamkan pasar saham dapat merubah minat investor untuk masuk ke dalam save haven Gold dan mengubah sentimen emas untuk diminati kembali. Namun demikian masih harus kita pantau dan waspadai kembali pergerakan beberapa sesi ke depan untuk mendapatkan konfirmasi.

Analisa Teknikal GOLD