GOLD: Emas Menantikan FOMC Yang Akan Memberikan Kejelasan Arah Pergerakan

Analisa Teknikal XAU/USD

Namun demikian FOMC yang sudah dekat akan diperhatikan dengan seksama. Pertemuan FOMC besok (Rabu) kemungkinan akan menjadi kesempatan terakhir untuk menyuntikkan kegembiraan ke pasar keuangan tahun ini karena investor mulai mereda menjelang jeda musiman. Sentimen risiko terus berayun, tetapi pergerakan ini menjadi semakin kecil dan volatilitas dikupas kembali. Pertemuan besok dan pernyataan selanjutnya dari Ketua Fed Jerome Powell akan mengarahkan pasar ke akhir tahun, terutama jika dolar AS bergerak secara nyata dari nilai terendahnya saat ini.

The Fed diperkirakan tidak akan membuat perubahan kebijakan tetapi kemungkinan akan mencoba dan mengarahkan suku bunga, dan greenback, lebih rendah untuk mencoba dan menjaga pemulihan AS yang baru lahir di jalurnya. Sementara data terbaru dicampur menjadi agak positif, pemulihan ekonomi akan memakan waktu lama dan suku bunga rendah akan diperlukan untuk tahun-tahun mendatang.

XAU/USD saat ini sedang menikmati pelemahan USD dan naik menuju leel resistance pada harga $1850 yang sempat ditembus pada kemarin hari. Jika Gold naik diatas $1850 maka target selanjutnya adalah $1877 yang pada pekan lalu menjadi pertahanan yang belum berhasil ditembus.

Sebaliknya jika XAU/USD melemah maka $1821 akan menjadi support pertama di level bawah dan $1800 tentunya akan menjadi sasaran berikutnya.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Financial Times, MT5