GOLD: Emas Menantikan FOMC Yang Akan Memberikan Kejelasan Arah Pergerakan

Forexsignal88.Com – XAU/USD kembali menemukan angin segar pada kemarin hari dengan naik dari level terendahnya pada harga $1825 ke harga tertinggi pada kisaran $1855. Harga emas naik di tengah optimisme bahwa anggota parlemen semakin dekat untuk meloloskan paket stimulus yang dikompromikan. Tekanan politik mencapai tingkat kritis karena virus yang menyebar selama liburan kemungkinan akan memicu lebih banyak penguncian yang memaksa banyak bisnis tutup.

Penjualan ETF emas tampaknya melambat, meskipun penurunan harian keempat berturut-turut. Investor emas mengurangi kepemilikan pada terobosan vaksin COVID-19, risiko pemilihan presiden, dan Brexit tanpa kesepakatan tampaknya kecil kemungkinannya. Perdagangan refleksi dan risiko inflasi yang meningkat menjelang paruh akhir tahun harus memberikan alasan yang cukup bagi investor ETF untuk meningkatkan kepemilikan mereka.

Sementara itu USD saat ini sedang rehat sejenak dengan terlihat tidak seaktif hari hari sebelumnya menjelang FOMC. Indeks dolar AS terus memantul sekitar antara 90,50 dan 91,00, menyiratkan bahwa pasar mata uang puas untuk berkonsolidasi sambil menunggu kejelasan arah yang lebih muncul, sebagian besar dari Washington DC. Indeks dolar berakhir di kisaran menengah di 90,70 semalam dan hampir tidak berubah di Asia.

Kabar mengenai stimulus di Amerika Serikat juga memberikan rangsangan terhadap kenaikan XAU/USD. Penguncian yang tak terelakkan harus menjadi jarum yang mematahkan punggung kebuntuan stimulus. Kongres harus memberikan suara pada dua RUU sebelum akhir minggu. Yang pertama adalah paket $ 748 miliar yang sebagian besar disepakati mencakup tunjangan pengangguran tambahan, bantuan sewa, dan perpanjangan PPP. RUU kedua memiliki semua poin penting, perlindungan kewajiban untuk bisnis dan bantuan untuk pemerintah negara bagian dan lokal. Pemerintah menghindari penutupan minggu lalu dengan tagihan pendanaan sementara yang berakhir pada 18 Desember. Optimisme cukup tinggi sesuatu akan dilakukan karena Demokrat tampaknya bersedia untuk menjatuhkan bantuan negara bagian dan lokal untuk saat ini.

Analisa Teknikal XAU/USD