Berita Emas Hari Ini - Analisa Emas

GOLD: Emas Konsolidasi Mencari Arah, Ini Prediksi Arah Selanjutnya

Forexsignal88.Com – Selama dua hari berturut-turut, harga emas mencoba rebound ke atas, namun pasar emas tidak menemukan momentum yang kuat. Harga Emas dalam USD tidak melebihi level $1724, dan dengan kurangnya momentum, harga emas menetap di sekitar level $1710 pada saat penulisan. Namun sisi atas hanya sedikit karena investor memilih untuk membeli saham di tengah membaiknya sentimen risiko berharap The Fed akan kurang agresif dengan kebijakannya pada pertemuan berikutnya akhir bulan ini.

Masalah yang dihadapi emas adalah berlanjutnya sikap pengetatan agresif yang telah diambil oleh bank sentral, di mana bank-bank lain termasuk ECB dan BoE ingin bergabung dengan kenaikan 50bps. Dengan demikian, risiko penurunan akan berlanjut untuk Emas dengan fokus pada $1685-90. Inflasi yang kaku membuat bank sentral tetap hawkish dan data pekerjaan yang kuat menjaga risiko resesi yang akan segera terjadi untuk saat ini.

Meskipun, XAU/USD jatuh ke $1.700 per ounce selama minggu lalu, level yang pernah terlihat sebelumnya pada Agustus 2021, tetap stabil di atas level terendah 11-bulan, berusaha untuk berkonsolidasi. Jatuhnya aset berharga ke level yang disebutkan di atas, sebagian dapat dijelaskan oleh berita spekulatif, yang beredar di sekitar prospek kenaikan suku bunga 100 basis poin dari The Fed. Ekspektasi pasar karena itu, mendorong dolar ke tertinggi baru dan membebani emas.

Saat ini seharusnya Dolar AS yang lemah dapat mendukung logam mulia, namun kenaikan tidak kunjung tiba. Indeks dolar AS jatuh untuk hari ketiga berturut-turut, mencapai level terendah dalam satu minggu.

Kabar dari sisi data ekonomi Amerika Serikat, data dari Departemen Perdagangan menunjukkan bahwa perumahan AS mulai turun 2% ke tingkat tahunan 1,559 juta di bulan Juni setelah turun 11,9% ke tingkat revisi 1,591 juta di bulan Mei. Penurunan lanjutan datang sebagai kejutan bagi para ekonom, yang memperkirakan perumahan mulai melonjak 2,3% ke tingkat tahunan 1,585 juta dari 1,549 juta yang awalnya diumumkan untuk bulan sebelumnya. Dengan penurunan yang tidak terduga, perumahan awal merosot ke tingkat tahunan terendah sejak mencapai 1,505 juta pada April 2021. Laporan tersebut menunjukkan bahwa izin mendirikan bangunan juga turun 0,6% ke tingkat tahunan 1,685 juta pada Juni setelah turun 7% menjadi tahunan. tingkat 1,685 juta pada bulan Juni. 1,695 juta di bulan Mei.

Patut diperhatikan, apakah korelasi negatif emas dengan greenback telah pecah, karena dolar turun selama tiga sesi terakhir terhadap sejumlah rekanannya, sementara yang berharga tetap agak stabil, yang membuat kita bertanya-tanya, faktor apa lagi yang mungkin dapat mempengaruhi stabilitas emas.

Dengan potensi kekecewaan pendapatan di pasar, kejutan kenaikan apa pun dapat menghasilkan keuntungan besar. Investor tetap waspada terhadap tanda-tanda bahwa inflasi yang tinggi dan pengetatan moneter memberikan tekanan pada konsumen dan lapangan kerja, dan alokasi untuk saham telah jatuh ke level yang terakhir terlihat pada Oktober 2008, menurut survei manajer dana bulanan terbaru Bank of America.

Analisa Teknikal Emas – XAU/USD