Emas Batang

GOLD: Emas Ditinggal Investor, Harga Emas Ambruk

Forexsignal88.Com – Dalam lingkungan kenaikan suku bunga di seluruh dunia, investor tidak menyukai aset yang memiliki sedikit atau tanpa hasil.

Untuk hari kedua berturut-turut, harga emas XAU/USD turun, dan dengan demikian mendorong kontrak berjangka emas paling aktif ke penyelesaian terendah dalam hampir dua bulan. Harga emas turun ke level support $1660 , yang stabil di sekitarnya pada perdagangan hari Kamis.

Berbeda dengan indeks utama, emas tidak berhasil dalam mencoba menemukan pembeli yang turun pada hari Rabu, sehari setelah semuanya dijual sebagai tanggapan atas laporan inflasi AS yang lebih panas dari perkiraan. Laporan CPI itu memperkuat ekspektasi bahwa Fed akan menaikkan suku setidaknya 75 basis poin minggu depan dan melanjutkan dengan kenaikan agresif lebih lanjut sampai inflasi kembali terkendali. Akibatnya, penjual telah meningkatkan tekanan, mendorong logam mulia di bawah $1700 lagi. Sepertinya harga terendah baru untuk tahun ini hampir mendekati emas.

Tapi pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi selanjutnya. Apakah kita akan melihat kelemahan yang berkelanjutan, atau akankah logam akhirnya menemukan cinta dalam waktu dekat?

Penjualan emas yang kuat terjadi setelah momentum kuat yang diperoleh dolar setelah mengumumkan kenaikan inflasi AS, bertentangan dengan ekspektasi penurunan.Indeks dolar AS naik tajam pada hari Selasa setelah data dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan bahwa inflasi lebih tinggi dari yang diharapkan di AS pada bulan Agustus.

Data dari Departemen Tenaga Kerja AS pada hari Selasa menunjukkan bahwa indeks harga konsumen naik 0,1% pada bulan Agustus setelah tetap di bawah perubahan pada bulan Juli. Para ekonom memperkirakan harga konsumen turun 0,1%.

Dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, harga konsumen naik 8,3% di bulan Agustus, mencerminkan perlambatan dari kenaikan 8,5% di bulan Juli. Namun, para ekonom memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan melambat menjadi 8,1%. Sementara itu, pertumbuhan tahunan harga konsumen inti meningkat menjadi 6,3% di bulan Agustus dari 5,9% di bulan Juli. Tingkat pertumbuhan tahunan diperkirakan akan meningkat menjadi 6,1%.

Ke depan, ini semua tentang kapan kenaikan suku bunga sepenuhnya dihargai. Sampai ini terjadi, kecil kemungkinan emas akan bisa bersinar sangat terang. Seberapa cepat pasar akan menilai kenaikan suku bunga sangat tergantung pada data yang masuk, terutama angka inflasi. Pada hari Selasa, kami menemukan bahwa inflasi AS tetap lebih panas dari yang diharapkan dan ini menyebabkan perubahan harga yang cepat bahkan dari kenaikan suku bunga yang agresif dari The Fed.

Dolar AS dan imbal hasil obligasi tetap mendukung untuk saat ini sampai ada bukti inflasi turun tajam. Mungkin harga bisa turun jika terjadi penurunan ekonomi yang tajam, menyebabkan permintaan melemah. Untuk itu, petunjuk makroekonomi lainnya juga penting untuk dicermati. Di satu sisi, kabar buruk sebenarnya bisa menjadi kabar baik untuk saham dan emas karena investor mungkin menafsirkannya sebagai alasan mengapa inflasi mungkin turun kembali dan mempercepat potensi penurunan suku bunga dari Fed untuk mendukung ekonomi yang sedang sakit.

Analisa Teknikal XAU/USD