emas batangan

GOLD: Boom Akhirnya Emas Meledak

Forexsignal88.Com – XAU/USD akhirnya meledak keluar dari gerakan konsolidasi yang membosankan sejak pekan lalu. Kali ini XAU/USD menembus support level yang berada pada harga $1848 dan turun mencapai level terendah $1830 pada saat penulisan.

Pengembangan vaksin dipandang sebagai tanda bahwa virus semakin dekat. Di sisi lain, jumlah kasus COVID-19 yang tercatat tinggi di Amerika Serikat, yang pada gilirannya mengarah pada pembaruan pembatasan yang menghambat aktivitas ekonomi. Tapi sepertinya pasar tidak memiliki tren karena emas perlahan terkonsolidasi.

Indeks Dolar AS (DXY) diperdagangkan sangat dekat dengan terendah 91,74 yang dibuat pada tanggal 1 September, yang dapat menjadi titik penentu atau penghentian yang signifikan bagi indeks. XAU/USD sendiri kemarin hari menurun ke level terendah harian pada harga $1862. Sejak vaksin diumumkan lagi pada 9 November, tampaknya harga emas telah gagal mendapatkan kembali resistensi yang signifikan pada $ 1900, karena emas ditemukan melayang di bawah kisaran terakhirnya lagi.

Data dari AstraZeneca dan University of Oxford menunjukkan bahwa potensi vaksin COVID-19 menghasilkan respons imun yang kuat pada orang tua. Para peneliti berharap untuk mengumumkan hasil percobaan tahap akhir sebelum Natal. Imbal hasil Treasury anjlok dan dolar naik setelah presentasi langka dari perselisihan antara Mnuchin dan Ketua Fed Jerome Powell terkait pelepasan dana untuk lebih mendukung perekonomian.

Pelaku pasar penggemar emas fokus kepada apakah XAU/USD akan mampu turun menembus support level pada harga $1848 yang sudah berhasil ditembus pada kemarin hari. Karena support psikologis sudah ditembus, maka potensi terbuka saat ini bahwa penurunan ini akan mengundang lebih banyak lagi seller dan akan membuat XAU/USD menjadi bearish.

Gerakan bullish XAU/USD masih fokus pada resistance psikologis $ 1900 untuk memperbarui prospek bullish untuk tren umum.

Sentimen investor terhadap vaksin virus corona, angka infeksi global, level dolar AS, dan sengketa AS atas rencana stimulus ekonomi akan menjadi faktor terpenting yang mempengaruhi kinerja harga emas dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5