GOLD Bersinar Mengawali 2021 Dengan Cemerlang

Forexsignal88.Com – Setelah berbulan bulan Gold bimbang dan tidak diminati, pada hari pertama trading di tahun 2021 ini, Gold mendapatkan minat yang banyak secara serentak dan melambung ke harga tertinggi harian pada harga $1943.

Kelihatannya minat beli untuk safe haven logam mulia ini kembali pulih. Ditambah lagi dengan sell-off USD yang tidak berhenti, menjadikan Gold semakin berkilau pada awal tahun 2021.

Emas naik hampir 25% pada tahun 2020, pengembalian tahunan terbaiknya dalam sepuluh tahun. Dan kali ini Harga emas mendapat dukungan tambahan dari kenaikan kasus infeksi virus corona dan kekhawatiran dampak ekonomi dari pengetatan pembatasan di banyak negara. Meskipun banyak negara telah mulai memberikan vaksin virus corona, kekhawatiran tentang jenis virus baru, yang pertama kali diketahui di Inggris, telah memengaruhi aset berisiko, mendorong investor untuk mencari opsi yang lebih aman.

Bullion telah lama dianggap sebagai penyimpan nilai dan lindung nilai terhadap inflasi, meskipun telah kehilangan perannya sebagai aset safe-haven dalam beberapa kuartal terakhir dan bergerak lebih banyak seiring dengan aset berisiko. Pelonggaran moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh bank sentral global telah mendorong kenaikan harga emas yang meriah dari Maret hingga Agustus 2020.

Dolar AS berada di belakang kaki di Asia hari ini, mengikuti IMP manufaktur yang kuat dari seluruh kawasan, meningkatkan harapan pemulihan ekonomi. Indeks dolar telah jatuh 0,27% menjadi 89,69, dengan support di 89,50 terdekat — penutupan harian di bawah 89,50 membuka penurunan lebih lanjut ke 89,00 pada awalnya.

Sebagian besar ekonom memperkirakan ekonomi AS akan pulih di beberapa titik di 2021, tetapi itu tergantung pada respons AS terhadap pandemi. “Sementara prospek ekonomi pada tahun 2021 nanti adalah optimis, ekonomi dan pasar tenaga kerja harus melewati beberapa medan yang sulit dari waktu ke waktu, dan kami memperkirakan klaim (pengangguran) akan tetap ada,” kata Nancy Vanden Houten, kepala AS. ekonom di Oxford.

Laporan klaim pengangguran terbaru menunjukkan bahwa dua program bantuan pengangguran yang diperbarui hingga pertengahan Maret dengan paket bantuan virus baru sebesar $ 900 miliar tetap berada pada level tinggi.

Secara teknikal XAU/USD sudah berhasil menembus resistance $1900 yang berarti bullish kembali berkuasa. Trendline bearish pun sudah terpecahkan sehingga kesempatan untuk membeli semakin berpotensi.

Tetap waspada akan terjadinya koreksi pada pergerakan harga hari ini. Sementara itu kenaikan harga akan menuju ke resistance berikutnya yang berada pada harga $1952.

Sumber: Kitco, Cnbc, Marketwatch, MT5