Gold - Emas Batangan - Bullion Gold

GOLD Belum Mampu Kembali Naik Menjelang Akhir Tahun

Forexsignal88.Com – Harga emas hari ini pada perdagangan spot berjangka menunjukan ketidakpastian. XAU/USD yang sempat turun pada kemarin hari sampai ke harga terendah pada harga $1866 melakukan rebound kembali keatas biarpun kenaikannya masih terbatas.

Investor bisa kewalahan oleh berita utama media mengenai keadaan yang memburuk dari wabah virus terutama di Inggris. Pedagang emas mungkin telah melarikan diri ke USD yang juga melihat lonjakan jangka pendek lebih tinggi terhadap banyak mata uang utama. Kekuatan greenback juga terlihat pada indeks USD pada sesi Senin. Suasana risk off sebagai akibat dari memburuknya keadaan secara global dapat terus mempengaruhi pengambilan keputusan investor dalam jangka pendek. Pada saat yang sama, arus keluar safe haven untuk Emas dapat didukung oleh Kongres AS yang mencapai kesepakatan untuk paket stimulus fiskal.

Indeks dolar AS naik 80 poin menjadi 91,00 pada satu tahap semalam, karena para investor yang panik bergegas ke safe-havens. Namun, karena pesanan dipulihkan di New York, itu mundur, menyelesaikan hari 0,10% lebih rendah pada 91,04.

Kabar dari Amerika Serikat sendiri, Kongres AS berhasil menyetujui rencana stimulus yang telah lama dinantikan. Kongres AS telah berhasil mencapai kesepakatan tentang stimulus fiskal sebelum Natal. Mudah-mudahan, kesepakatan yang ditunggu-tunggu itu akan memberikan kelegaan cepat bagi perekonomian. Paket tersebut, bernilai sekitar US $ 900 miliar, adalah yang terbesar kedua dalam sejarah AS setelah Undang-Undang Perawatan senilai US $ 2,2 triliun yang dilaksanakan pada bulan Maret. Ini termasuk tunjangan pengangguran tambahan sebesar $ 300 / minggu, dan putaran baru pemeriksaan stimulus $ 600. Sementara itu, paket tersebut mencakup hampir $ 100 miliar dalam pendanaan untuk membantu sekolah dan universitas, $ 25 miliar dalam dukungan federal untuk penyewa, dan lebih dari $ 10 miliar untuk Program Bantuan Nutrisi Tambahan. Ini juga melibatkan $ 2 miliar bagi perusahaan telekomunikasi kecil AS untuk menghapus peralatan Huawei dan ZTE dari jaringan mereka.

Ini terus melemahkan tajuk utama ekonomi: penjualan ritel, klaim pengangguran, pengeluaran perjalanan. Oleh karena itu, lebih dari 9 juta orang Amerika menghadapi pemotongan total tunjangan pengangguran jika Kongres tidak menyetujui paket baru tersebut setelah berbulan-bulan mengalami kebuntuan. Lebih dari 4 juta orang Amerika telah menggunakan semua tunjangan pengangguran yang tersedia bagi mereka, yang berlangsung selama 26 minggu di sebagian besar negara bagian dan akan dapat mengajukan permohonan kembali.

Analisa Teknikal XAU/USD