Analisa Emas

GOLD: Bearish Terus Menghantui Emas Untuk Turun Menuju Level Support Psikologis Ini

Forexsignal88.Com – Emas berjangka mengakhiri minggu perdagangan terakhir datar di bawah level $1800, karena logam kuning mencatat kerugian mingguan. Setelah melewati resistance $1800 awal bulan ini, harga emas XAU/USD berjuang untuk mempertahankan momentum yang diciptakan oleh reli dolar dan jalur pengetatan moneter bank sentral AS.

Kerugian emas minggu lalu membawanya ke level 1.745 negara untuk satu ons, terendah dalam tiga minggu. Pasar emas XAU/USD mengalami penurunan mingguan sebesar 3,2%, menambah kerugian tahun 2022 sekitar 4%. Dengan cara yang sama, harga perak, komoditas saudara dari emas, turun menjadi kurang dari $19 per ounce, sehingga logam putih mencatat kerugian mingguan sekitar 9%, membawa perak lebih dekat ke pasar beruang.

Emas tetap tertinggal di tengah kebangkitan dolar karena Treasuries 10-tahun terus merayap kembali ke 3% dan dua tahun melayang di sekitar tertinggi Juni. Pada kemarin hari level $1800 berhasil ditembus dan XAU/USD saat ini menuju ke level $1700.

Dorongan baru yang lebih tinggi dalam ekspektasi suku bunga AS dan dolar AS didorong oleh pemikiran bahwa ketua Federal Reserve AS akan melipatgandakan pandangan hawkish-nya ketika ia berbicara di Simposium Ekonomi Jackson Hole pada hari Jumat (14:00GMT). Pikiran baru-baru ini bahwa The Fed mungkin membuat poros dovish karena kekhawatiran resesi yang tumbuh ditidurkan minggu lalu setelah sejumlah anggota Fed berbicara mendukung lebih lanjut, agresif, kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Minggu ini juga melihat tampilan terbaru (ke-2) PDB Q2 AS pada hari Kamis – diperkirakan -0,8% – dan ukuran inflasi favorit Fed, Core PCE pada hari Jumat. Dengan angka inflasi terbaru yang dirilis hanya 90 menit sebelum Jerome Powell berbicara, waspadalah terhadap volatilitas yang meningkat hingga akhir pekan.

Imbal hasil Treasury AS naik secara keseluruhan, dengan benchmark imbal hasil obligasi 10-tahun naik 9,4 basis poin menjadi 2,974%. Imbal hasil satu tahun naik 2,8 basis poin menjadi 3,256%, sementara imbal hasil 30-tahun melonjak 7,2 basis poin menjadi 3,21%. Selisih antara pengembalian dua tahun dan 10 tahun menyempit menjadi sekitar -30 basis poin. Spread melebar hingga -45 basis poin minggu ini.

Emas menuju penurunan mingguan pertama dalam lima karena investor menimbang sinyal beragam dari pejabat Fed pada skala kenaikan suku bunga berikutnya dan penguatan dolar. Harga emas batangan turun ke level terendah tiga minggu di tengah perdebatan yang sedang berlangsung mengenai apakah Federal Reserve akan beralih ke kenaikan suku bunga yang lebih kecil.

Para pembuat kebijakan menawarkan pandangan yang berbeda, dengan James Bullard dari St. Louis mendesak kenaikan 75 basis poin sementara Esther George dari Kansas City mengambil nada yang lebih hati-hati, mengatakan bahwa kasus untuk suku bunga AS yang lebih tinggi tetap kuat tetapi langkahnya untuk perdebatan.

Data terbaru menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja AS tetap sehat, dengan klaim pengangguran turun untuk pertama kalinya dalam tiga minggu. Ini kemungkinan akan membuat pintu terbuka bagi The Fed untuk terus berjalan agresif, meskipun pembacaan bulanan baru tentang inflasi dan pekerjaan menjelang pertemuan September dapat mempengaruhi keputusan.

Pedagang secara alami mencari kejelasan dari penampilan Jackson Hole Powell akhir pekan ini dan tampaknya berpikir itu akan datang dalam bentuk peringatan hawkish.

Pengetatan kebijakan moneter akan membebani emas dan dapat memicu bearish lebih lanjut.

Analisa Teknikal XAU/USD