Emas Batang

GOLD: Apakah Emas Mampu Mempertahankan Bullishnya?

Forexsignal88.Com – Harga emas berakhir lebih tinggi pekan lalu, memangkas penurunan hingga akhir pekan setelah bulls gagal mempertahankan level 2.000 yang terkenal. Namun, harga emas batangan tetap lebih dari 4% lebih tinggi pada bulan tersebut di tengah melonjaknya ekspektasi inflasi yang didorong oleh konflik di Ukraina dan sanksi Barat berikutnya. Logam kuning juga diuntungkan dari volatilitas yang lebih tinggi di pasar ekuitas, mendorong daya tarik XAU sebagai aset safe-haven.

Emas rally pada daya tarik safe-haven minggu ini karena sanksi terhadap Rusia ditingkatkan untuk larangan impor dan perang di Ukraina meningkat, menciptakan kekacauan di ruang komoditas. Rentang perdagangan emas tetap cukup luas karena volatilitas saat ini di banyak pasar keuangan. Dua pendorong utama adalah pertemuan Federal Reserve pada hari Rabu dan setiap perkembangan baru mengenai sanksi terhadap Rusia dan perang di Ukraina.

Biasanya, emas dan aset lainnya akan sangat terfokus pada keputusan suku bunga Fed, tetapi acara FOMC dapat mengambil kursi belakang untuk situasi yang sedang berlangsung dan berubah dengan cepat di Ukraina. Itu sebagian karena ketidakpastian ekonomi yang telah disuntikkan ke ekonomi global. Di luar kenaikan 25 bps, The Fed dapat memilih untuk mengambil pendekatan “wait and see” daripada menawarkan panduan tegas tentang kebijakan.

Sebagian besar generasi pedagang dan investor saat ini belum pernah melihat angka inflasi di AS jauh di atas 5,5%, apalagi di utara 7,5%. Pencetakan kuat lainnya diharapkan bulan depan, mengingat prospek suram untuk harga bensin dalam beberapa minggu mendatang.

The Fed kemungkinan harus merespons lebih agresif akhir tahun ini dalam menanggapi inflasi itu, terutama jika perang berlanjut hingga bulan-bulan musim panas, tetapi untuk saat ini, kemungkinan akan meredam tindakan Fed. Itu seharusnya menguntungkan emas, aset tanpa bunga.

Pengumuman Rabu sore akan diikuti oleh konferensi pers Ketua Fed Jerome Powell. Semua mata akan tertuju pada proyeksi ekonomi baru, plot titik, dan pandangan Powell tentang “konsekuensi yang tidak diinginkan” dari konflik di Ukraina.

Harga emas bisa jatuh jika risiko jangka pendek surut, apakah itu eskalasi besar atau resolusi lengkap untuk perang. Ekspektasi inflasi kemungkinan akan turun kembali ke atau mendekati level pra-invasi di bawah skenario itu. Itu kemungkinan akan menyeret emas lebih rendah, tetapi harga mungkin tetap lebih tinggi daripada sebelum invasi Putin, mengingat efek limpahan yang kemungkinan akan bertahan lebih lama dari konflik, meskipun pada tingkat yang tidak diketahui. Dana Moneter Internasional, Kamis, mengatakan mereka akan segera menurunkan proyeksi pertumbuhan global akibat krisis di Ukraina.

Analisa Teknikal XAU/USD