Emas batangan dan chart

GOLD: Apakah Bullish Sudah Berakhir Bagi Emas?

Forexsignal88.Com – Aksi jual emas minggu lalu, yang terjadi setelah terobosan support kuat jangka panjang di $ 1848, menimbulkan keraguan apakah pasar bullish mendekati akhir. Kira-kira itu yang ada di benak para trader saat ini. Apakah penurunan XAU/USD ini merupakan pertanda berakhirnya bullish ataukah hanya penurunan sesaat di kala Amerika Serikat sedang libur panjang merayakan Thanksgiving pekan lalu?

Harga emas telah terpukul dalam beberapa pekan terakhir, turun lebih dari 8% dari tertinggi bulanan, setelah serangkaian hasil vaksin positif memicu perputaran dari logam anti-fiat ke aset yang terkait dengan pertumbuhan.

Namun, koreksi yang lebih rendah ini bisa saja tidak berumur panjang. Mengapa? Ada komentar dari Federal Reserver pekan lalu yang menyarankan pemberian stimulus moneter tambahan sedang dibahas.

Stimulus tambahan berarti akan membebani USD dan bisa berarti kenaikan bagi emas. Itu dengan catatan bahwa investor kembali menilai bahwa memiliki safe haven adalah yang terbaik saat ini. Kabar perkembnagan vaksin Corona telah menjadi alasan saham bisnis bisnis di Amerika Serikat meningkat yang dengan sendirinya akan mebantu perekonomian AS. Biar USD menjadi lemah sebagai reaksi dari kenaikan saham-saham tersebut, namun bukan berari XAU/USD akan mengalami apresiasi.

Analisa Teknikal XAU/USD

Sekarang tahan bawah $1800, XAU/USD dapat saja melanjutkan penurunannya ke support berikut yang berada pada harga $1770 dan yang berikutnya pada harga $1740.

Dari sisi dat ekonomi, perincian baru-baru ini dalam hubungan emas dengan imbal hasil riil dan ekspektasi inflasi juga dapat menyiratkan bahwa penurunan emas batangan lebih didorong oleh reposisi portofolio, daripada pergeseran sebenarnya dalam sentimen pasar secara keseluruhan.

PMI November pun akan menjadi fokus kali ini bagi para pelaku pasar untuk di cermati dengan seksama. Merek akan menilai bagaimana ekonomi terbesar di dunia mengatasi gelombang infeksi ketiga, menjelang laporan penggajian non-pertanian yang memicu volatilitas.

Jika data MPI ini datang dengan hasil yang lebih baik dari perkiraan dapat mengurangi kebutuhan akan dukungan moneter tambahan dan pada gilirannya membatasi potensi kenaikan logam kuning dan begitu pula sebaliknya.

Sumber: Kitco News, Marketwatch.Com, Cnbc.Com, MT5