GOLD: Apa Yang Akan Bepengaruh Pada Pergerakan Emas Pekan Ini

Rilis risalah mendatang dari pertemuan FOMC bulan ini dapat menginspirasi keuntungan Dolar AS. Jika pembuat kebijakan kembali menegaskan bahwa tidak banyak yang harus dilakukan untuk kebijakan moneter selain pengelolaan biaya kredit, ini tampaknya akan mengurangi selera risiko – menghidupkan kembali permintaan untuk aset-aset tempat berlindung termasuk Greenback – bahkan ketika itu menopang dukungan relatif berbasis hasil untuk penentu arah.

Alhasil jika ini memang terjadi maka akan ada kenaikan yang dilakukan oleh USD sehingga menekan emas di sisi lainnya. Memang sejak sepekan lalu, XAU/USD melakukan gerakan yang terjebak diantara support dan resistance dan cendereung melemah. Pelemahan ini bisa saja berlanjut menjelang FOMC.

Jika XAU/USD memang benar turun terinspirasi oleh FOMC maka XAU/USD akan menemukan support pada level harga $1948 yang pernah dicapai pada bulan September lalu, dimana support ini cukup kuat menahan selama 3 bulan belakangan ini.

Pada sisi sebaliknya, pekan lalu XAU/USD sudah berusaha untuk naik dan menghadapi resistance level $1900, namun apa daya XAU/USD dihempaskan kembali kebawah dan belum mampu. Kenaikan akan membawa XAU/USD untuk melawan $1900.

Support: Kitco, Bloomberg, Cnbc, MT5