emas bullion gold

Gerakan GOLD Menipis Mendekati Akhir Tahun

Forexsignal88.Com – Gold di dalam perdagangan emas berjangka masih mampu memanfaatkan momentum bearishnya dolar AS. XAU/USD diperdagangkan pada pekan kemarin dengan mencapai ke level tertinggi pada angka $1906 dan mencapai level terendah nya yang ada pada harga $1854. Gerakan ini terpantau pada chart mingguan merupakan gerakan yang sideway. Gold tidak beranjak jauh dari pada saat pasar dibak pada Senin lalu.

Dolar telah jatuh secara dramatis dan penempatan dana dengan leverage sekarang berada pada level yang sangat bearish, menjadikannya perdagangan yang ramai. Ini tidak berarti mata uang cadangan tidak bisa jatuh lebih jauh. Sebaliknya, ini menyiratkan bahwa setiap episode risk-off atau berita positif dolar lainnya dapat memicu tekanan pendek epik dan karenanya rebound yang kuat.

Kabar mengenai stimulus di Amerika Serikat masih tersendat setelah Presiden Trump menolaknya. Presiden AS Donald Trump menolak untuk menandatangani keputusan tersebut menjadi undang-undang, mengingat permintaannya agar pembayaran stimulus dinaikkan menjadi $ 2000 dari $ 600 dan untuk menghapus komponen yang tidak perlu.

DPR sekarang akan memberikan suara pada RUU yang berdiri sendiri untuk meningkatkan ukuran stimulus menjadi $ 2000 pada hari Senin, tetapi sangat tidak mungkin Senat yang dikendalikan Partai Republik akan menyetujui RUU semacam itu sebelum Masa Kongres berakhir pada bulan Januari. Namun, pejabat Gedung Putih tampaknya masih percaya bahwa Trump mungkin akan menandatangani RUU paket stimulus yang ada menjadi undang-undang.

Selain Brexit yang akan menjadi fokus perhatian pada pekan terakhir tahun 2020 ini, apa yang terjadi mengenai stimulus selama akhir pekan akan menjadi fokus utama pasar ke depan.

Secara keseluruhan, variabel utama yang mungkin mendominasi pasar FX di 2021 adalah pemulihan ekonomi yang lebih cepat. Dengan tingkat suku bunga di seluruh dunia mendekati nol, perbedaan suku bunga menjadi kurang signifikan, sehingga kinerja ekonomi relatif secara alami menjadi penting.

Sejauh ini, tren umum XAU/USD masih cenderung mengarah ke atas, dan menembus level pertahanan psikologis di $ 1900 akan meningkatkan kendali bulls, sehingga mengaktifkan lebih banyak operasi pembelian. Pada sisi negatifnya, harga emas akan jatuh kembali dengan kuat jika pertahanan berhasil mendorong harga menuju level support di $ 1821 per ounce.

Sumber: Kitco, Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5