chart

GBP/USD: USD Berhasil Naik Menghempaskan Pound Didukung Terpilihnya Powell Kembali

Forexsignal88.Com – GBP/USD turun kembali pada kemarin hari menuju ke level terendahnya pada angka 1.3342 sedikit dibawah level support namun berhasil melakukan rebound. Aksi USD yang kembali naik membantu GBP/USD untuk terus bergerak pada area bearish pada level 1.3375 pada saat penulisan.

Presiden AS Joe Biden mendukung Jerome Powell untuk masa jabatan empat tahun kedua sebagai Ketua Federal Reserve AS dan menominasikan Lael Brainard sebagai Wakil Ketua. Berita tersebut secara positif mempengaruhi pasar keuangan AS. Pengangkatan kembali menegaskan kembali ekspektasi pasar untuk pengetatan lebih cepat dari kebijakan moneter bank dengan kemungkinan kenaikan suku bunga tahun depan.

Pasar sekarang telah sepenuhnya memperhitungkan tiga kenaikan suku bunga untuk tahun depan mulai Juni. Agar itu terjadi, The Fed perlu mempercepat laju tapering, sesuatu yang pejabat senior termasuk Wakil Ketua Clarida saat ini telah mengindikasikan bahwa mereka terbuka untuk itu. Ini mungkin akan menjadi topik hangat pada pertemuan FOMC Desember.

Semakin jelas bahwa The Fed tidak bisa lagi bersabar. Inflasi panas terik, konsumsi booming, pasar tenaga kerja tampak ketat oleh beberapa metrik, survei bisnis menunjukkan mantra pertumbuhan yang kuat ke depan, dan Kongres akan membawa lebih banyak pengeluaran untuk partai.

Imbal hasil Treasury melonjak di tengah berita pengangkatan kembali Powell, menunjukkan bahwa banyak investor bertaruh pada Brainard condong lebih “dovish”, yang kemungkinan akan mengarah pada pendekatan jangka panjang terhadap kebijakan moneter.

Kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah berkontribusi pada penurunan tajam harga emas dan perak, karena instrumen ini memiliki korelasi terbalik dengan indikator imbal hasil Treasury.

Pound Inggris turun dalam beberapa jam terakhir meskipun IMP Manufaktur Flash Inggris meningkat secara tak terduga dari 57,8 menjadi 58,2 poin. Spesialis memperkirakan potensi penurunan ke 57,2. Selain itu, IMP Layanan Flash dilaporkan sebesar 58,6 poin seperti yang diharapkan, namun di bawah 59,1 poin pada periode pelaporan sebelumnya.

Data Amerika Serikat bisa menjadi penentu nantinya. Indeks Dolar sedang bullish, jadi angka ekonomi yang lebih baik dari perkiraan dapat membantu USD untuk terapresiasi. IMP Jasa Flash diperkirakan akan tumbuh dari 56,7 menjadi 59,1 poin, sedangkan IMP Manufaktur Flash dapat dilaporkan lebih tinggi di 59,3 poin dibandingkan 58,4 pada periode pelaporan sebelumnya.

Analisa Teknikal GBP/USD