Pound - GBPUSD

GBP/USD: Tingkat Inflasi Naik, Pound Melanjutkan Rally

Forexsignal88.Com – Untuk 3 sesi berturut-turut GBP/USD naik dari level 1.3108 dan kemarin hari mencapai level tertinggi harian pada level 1.3312. Rally keatas pasangan ini berlanjut setelah berita bahwa tingkat inflasi Inggris naik menjadi 0,7% pada bulan Oktober, di atas 0,5% sebelumnya dan perkiraan 0,6% oleh para ekonom yang disurvei oleh kantor berita.

Kabar yang datang dari sisi data ekonomi, Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan bahwa Indeks Harga Konsumen (CPI) untuk September naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Oktober di 0,7 persen (tahun-ke-tahun), setelah berada di 0,5 persen di bulan sebelumnya. Secara bulanan, CPI tetap tidak berubah, masih lebih tinggi dari ekspektasi analis berupa kontraksi 0,1 persen, setelah naik 0,4 persen pada September.

Sedangkan untuk data ekonomi Indeks Harga Eceran berada di 1,3 persen di bulan Oktober (tahun ke tahun), lebih tinggi dari yang diharapkan dan setelah berada di 1,1 persen di bulan sebelumnya. Membaiknya data-data ekonomi Inggris telah memberikan kekuatan ekstra untuk membawa Pound keluar dari kebimbangan.

Sementara Poundsterling masih terus menguat, masih ada yang mengganjal dari segi perkembangan keadaan pandemi. Kasus dan kematian terus meningkat di kedua sisi Atlantik, dengan Inggris tidak mengesampingkan perpanjangan penguncian nasional, yang berakhir pada 2 Desember. Di AS, rawat inap mencapai rekor baru di atas 78.000 dan beberapa gubernur yang enggan memberlakukan pembatasan. Kasus di Inggris telah kembali meningkat, dan ini pun terus menjadi beban bagi GBP/USD untuk kedepannya.

Sementara itu Deputi Gubernur BoE Dave Ramsden mengatakan dalam pidatonya bahwa berita tentang vaksin virus corona “jelas menggembirakan”, bahkan jika masih ada “jalan yang harus ditempuh” sebelum pemberian vaksinasi. Dia menambahkan bahwa perkiraan pemulihan bank sentral pada Q1 2021 sudah didasarkan pada asumsi memudarnya efek langsung pandemi. Oleh karena itu, pengembangan vaksin tidak serta merta memerlukan revisi ke atas pada perkiraan.

Ada Update Apa Seputar Brexit?