Pound - GBPUSD

GBP/USD: Pound Terus Berusaha Naik Melawan Positifnya USD, Apa Bisa Berlanjut?

Forexsignal88.Com – Pound Inggris telah naik pada hari Selasa, setelah melayang di awal minggu. GBP/USD saat ini diperdagangkan di 1.3431, setelah pada kemarin hari naik 0,25% mencapai harga tertinggi harian pada level 1.3473. Namun apakah kenaikan GBP/USD ini berarti pound sudah menjadi bullish dan terus naik?

Dari sisi fundamental pasar tenaga kerja Inggris membuka jalan untuk kenaikan BoE Desember. Data yang dirilis menunjukkan pasar tenaga kerja Inggris berada dalam posisi yang jauh lebih sehat daripada yang dikhawatirkan banyak orang. Kita harus menunggu sebulan untuk melihat apa yang akan terjadi, dengan data pengangguran hari ini hanya mencakup tiga bulan hingga September, setelah itu cuti berakhir. Tapi apa yang kami lihat dari laporan terkait penggajian bulan Oktober sangat menggembirakan. Yang membuat rapat BoE bulan Desember sangat hidup.

Inggris membukukan angka pekerjaan yang kuat pada hari Selasa. Ketenagakerjaan meningkat pada periode Juli-September, karena sekitar 304 ribu orang yang menganggur mendapatkan pekerjaan selama waktu itu. Ada kekhawatiran bahwa penghentian skema cuti pemerintah pada akhir September dapat menyebabkan peningkatan pengangguran tetapi ini tidak terjadi, karena tingkat pengangguran turun lebih rendah menjadi 4,3%, turun dari 4,4%.

Namun, ada lebih dari 2 juta orang yang menerima tunjangan pengangguran, hampir dua kali lipat dari 1,2 juta sebelum pandemi Covid. Pada saat yang sama, ada rekor jumlah lowongan pekerjaan, sehingga kita bisa melihat jumlah pekerjaan meningkat dalam beberapa bulan mendatang, asalkan pemerintah tidak memberlakukan pembatasan kesehatan baru.

Andrew Bailey pada hari Senin mengulangi bahwa bank sentral menunda kenaikan suku bunga bulan ini untuk menilai keadaan pasar tenaga kerja setelah skema cuti. Gambaran akan lebih jelas lagi ketika laporan Oktober dirilis dua hari sebelum pertemuan MPC.

Jumlah tenaga kerja dapat memainkan peran yang menentukan dalam kebijakan suku bunga BoE, karena Gubernur Andrew Bailey mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Senin bahwa bank telah menahan diri untuk tidak menaikkan suku sampai dapat mengevaluasi bagaimana pasar tenaga kerja menanggapi akhir dari skema cuti. Mengingat pengangguran telah turun, BoE seharusnya merasa lebih nyaman untuk menaikkan suku bunga.

Bailey ditanyai tentang keputusan BoE untuk tidak menaikkan suku bunga dan dia menjawab bahwa bank tidak pernah berjanji untuk menaikkan suku bunga, tetapi keputusan itu sudah dekat. Penghentian tersebut mengejutkan bank dan dikritik dengan keras, dan BoE tetap berada di bawah tekanan kuat untuk menaikkan suku bunga – jika tidak pada bulan Desember, maka segera setelah itu.

Sementara itu dari sisi data ekonomi lainnya, data flash PDB menunjukkan pertumbuhan di kawasan euro naik 2,2% pada kuartal ketiga, membuat ekonomi hanya 0,5% lebih kecil dari kuartal terakhir 2019. Ketenagakerjaan juga naik 0,9% pada kuartal terakhir. Lonjakan kasus virus, masalah pasokan, perlambatan pertumbuhan Tiongkok, dan lainnya akan terus menjadi hambatan utama bagi perekonomian pada kuartal saat ini ketika pertumbuhan diperkirakan akan melambat.

Analisa Teknikal GBP/USD