GBP/USD: Pound Menuju 1.4200?

Forexsignal88.Com – Pasangan GBP/USD bergerak menuju level pertahanan mendekati harga 1.4160 sampai penutupan perdagangan kemarin hari dan pada saat tulisan ini dibuat, tertinggi untuk pasangan dalam dua setengah bulan. Kenaikan pasangan ini didukung oleh dampak negatif dolar AS dari hasil pekerjaan AS untuk bulan April, yang secara negatif mempengaruhi keadaan optimisme baru-baru ini tentang peningkatan kinerja ekonomi AS di tengah upaya vaksinasi dan rencana stimulus yang berkelanjutan, dengan yang terakhir disalahkan atas angka ketenagakerjaan yang buruk, mengingat banyak orang Amerika yang diberi insentif untuk tidak bekerja sekarang karena kebijakan fiskal pemerintah Biden yang tidak bertanggung jawab.

Angka lemah yang mengejutkan akan menimbulkan keraguan pada pemulihan ekonomi AS dan mengkonfirmasi bahwa kekuatan ekonomi AS saat ini diterjemahkan ke dalam kekuatan dolar AS. Tingkat pengangguran AS naik untuk bulan April menjadi 6,1% dari 6,0% di bulan Maret, dan pasar telah memperkirakan penurunan tingkat pengangguran menjadi 5,8%.

Di sisi lain berita seputar politik Inggris membawa nuansa baru di dalam permainan. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah memperketat cengkeramannya di Inggris tetapi seruan untuk referendum kemerdekaan Skotlandia yang baru semakin keras menyusul pemilihan regional dan lokal minggu lalu di seluruh Inggris. Pound tetap bersukacita karena Partai Nasional Skotlandia kehilangan mayoritas di Parlemen Skotlandia, sementara Konservatif Johnson keluar dengan aman dari tuduhan kotor baru-baru ini yang telah melanda partai tersebut.

Partai Nasional Skotlandia (SNP) memenangkan pemilihan daerah di utara perbatasan tetapi gagal mencapai mayoritas absolut. Sementara itu terus mendorong referendum kemerdekaan baru – didukung oleh Partai Hijau pro-plebisit – kurangnya kemenangan telak telah menghasilkan beberapa kelegaan untuk sterling. Selain itu, Partai Konservatif yang berkuasa memenangkan pemilihan sela yang diawasi ketat di Hartlepool, memperkuat cengkeraman mereka pada kekuasaan dan memberikan stabilitas politik tambahan.

Inggris Menyambut Pembukaan Kembali Ekonomi

Kini investor berfokus pada hal-hal positif, seperti pembukaan kembali ekonomi Inggris secara bertahap di belakang program vaksinasi yang berhasil, serta kemungkinan bahwa Bank of England akan menaikkan suku bunga sebelum Federal Reserve melakukannya. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson akan menyampaikan pernyataan yang mengumumkan langkah-langkah baru terkait dengan pembukaan kembali Inggris. Kampanye vaksinasi telah secara dramatis mengurangi kasus COVID-19 dan beberapa berspekulasi bahwa pemerintah dapat mempercepat waktu pembukaan kembali.

Lebih dari setengah populasi menerima setidaknya satu suntikan dan kira-kira seperempat telah diberi dosis kedua juga. Di AS, kecepatannya telah melambat. Angka pertumbuhan Inggris ditunggu minggu depan.

Sebagai catatan tambahan keputusan BoE minggu lalu untuk mengurangi pembelian obligasi mingguan diikuti oleh laporan pekerjaan buruk yang mengejutkan dari Amerika Serikat, menggarisbawahi pemulihan Inggris yang semakin cepat sementara memperdebatkan prospek ekonomi AS yang terlalu optimis.

Analisa Teknikal GBP/USD