GBP/USD: Pasar Bertaruh Bahwa Brexit Sudah Sangat Dekat

Forexsignal88.Com – GBP/USD pada pekan lalu melakukan pergerakan yang cukup volatile. GBP/USD sempat anjlok ke level terendahnya pada level harga 1.3187, namun menjelang penutupan pasar, pelaku pasar masih tetap mendukung kenaikan GBP/USD, terlepas dari kenyataan bahwa kondisi sudah overbought, ke level tertinggi mingguan sedikit diatas 1.3600.

Banyak hal yang berkontribusi terhadap hal ini, salah satunya datang berita dari Prancis dan hubungannya dengan Inggris. Sebelumnya, Paris menutup perbatasan pada hari Minggu setelah Inggris menemukan varian COVID-19 yang sangat mudah menular yang berkecamuk di London. Namun saat ini, Prancis telah meringankan larangan perjalanan dan setuju untuk mengizinkan barang mengalir melintasi Selat Inggris – asalkan pengemudi menunjukkan tes virus korona negatif.

Namun, ada aspek politik dalam tanggapan keras Prancis terhadap ketegangan panik – Brexit. Kedua tetangga itu telah berselisih tentang perikanan pada sesi terakhir pembicaraan perdagangan. Industri perikanan sangat kecil, sekitar 0,2% dari kedua ekonomi paling baik – dan perbedaan pembicaraan mungkin lebih kecil setelah kompromi dari kedua belah pihak. Kepala Negosiator Uni Eropa Michel Barnier perlu menyeimbangkan permintaan dari Paris dan Copenhaguen serta dari rekan-rekan Inggrisnya.

Pada sesi sesi terakhir negosiasi Brexit, dikabarkan bahwa sebenarnya kesepakatan sudah dekat, namun muncul permasalahan yang menunda jabat tangan kedua belah pihak. Permasalahan yang muncul cukup aneh karena berhubungan dengan baterai. Masalah baterai tampaknya terkait dengan impor baterai kendaraan listrik, sebuah sektor yang akan menjadi sangat penting di tahun-tahun mendatang mengingat komitmen Inggris dan Uni Eropa untuk menghentikan penggunaan mesin pembakaran.

Brexit hanya tinggal sedikit lagi menjelang tenggat waktu yang sudah hampir habis. Pasar menunggu pengumuman yang resmi dari kedua belah pihak, sementara spekulasi terus masuk kedalam pergerakan harga dan membuat GBP/USD bergerak seperti jetcoster naik dan turun dengan volatile.

Analisa Teknikal GBP/USD