GBPUSD - Pound

GBP/USD: Data Inflasi Inggris Tertinggi Sejak 1992, Bagaimana Nasib Pound?

Forexsignal88.Com – Data Inggris minggu ini menyoroti dengan tepat mengapa pembuat kebijakan dipaksa untuk menarik stimulus lebih awal dari yang mereka inginkan dan pada saat ketidakpastian yang signifikan di sekitar varian. Tidak hanya tekanan inflasi yang berakselerasi lebih cepat dari yang mereka perkirakan dan menjadi lebih luas, tetapi pasar tenaga kerja yang terus mengencang menghilangkan argumen bahwa itu hanya sementara.

Indeks Harga Konsumen Inggris melaporkan pertumbuhan 5,1% pada bulan November versus 4,8% yang diharapkan dan dibandingkan dengan 4,2% pada bulan Oktober, sedangkan CPI Inti naik sebesar 4,0% versus 3,7% yang diharapkan dan dibandingkan dengan 3,4% pada periode pelaporan sebelumnya. PPI Input, PPI Output, dan RPI meningkat lebih dari yang diharapkan.

Perkembangan Inggris minggu ini memperbesar dilema Bank of England. Kedua data ekonomi IHK dan CPI secara signifikan melebihi perkiraan Bank of England dan target inflasi 2%. Di satu sisi, negara ini sedang berusaha keras untuk melindungi ekonomi/penduduk dari gelombang pasang Omicron. Di sisi lain, data lingkungan Inggris menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tidak menghadapi kemunduran yang ditakuti karena skema cuti berakhir sementara inflasi menjauh.

Bank sentral Inggris pada November menyesatkan pasar dengan tidak menarik pemicu pada kenaikan suku bunga pertama meskipun ada komitmen verbal yang kuat dari gubernur Bailey dan kepala ekonom Pill. Data dan panduan lingkungan terbaru sejak Agustus (“normalisasi diperlukan di atas cakrawala kebijakan untuk menarik inflasi (terlalu tinggi) kembali ke target”) menunjukkan kenaikan besok. Ketidakpastian Omicron bisa menjadi alasan untuk menunda panggilan ke pertemuan Februari ketika laporan kebijakan moneter baru tersedia.

Peluang Bank of England untuk menaikkan suku bunga telah meningkat mengikuti data minggu ini, meskipun pandangan konsensus tetap bahwa itu akan menahan diri karena sejumlah besar ketidakpastian yang diciptakan omicron karena pembatasan diberlakukan kembali. Pada bulan Februari, MPC akan memiliki lebih banyak data dan program booster akan memiliki waktu untuk meningkatkan ketahanan negara terhadap virus. Ini tentu tidak akan mudah, tetapi mungkin masuk akal bagi pembuat kebijakan untuk menutup mata terhadap inflasi yang tinggi selama satu dekade minggu ini.

Analisa Teknikal GBP/USD