chart

GBP/USD: Data Ekonomi mendukung Pound Untuk Naik

Forexsignal88.Com – Setelah membukukan kenaikan mingguan tiga kali berturut-turut, GBP/USD dimulai sebagai yang berkinerja terbaik di minggu baru ini. Dengan inflasi yang lebih tinggi di Inggris yang didorong oleh ekspektasi agresif untuk kenaikan suku bunga Bank of England, beta tinggi pound Inggris tahan terhadap krisis Rusia-Ukraina yang berkecamuk sepanjang minggu. Untuk panduan perdagangan baru, pedagang kabel dengan antusias mengantisipasi IMP bisnis awal di kedua sisi Atlantik, Laporan Kebijakan Moneter Bank Inggris (MPR), dan pengukur inflasi pilihan Federal Reserve.

Penjualan ritel Inggris rebound pada Januari, dengan kenaikan Uof 1,9% m/m, kenaikan bulanan tertinggi sejak April 2021. Peningkatan tersebut mengikuti penurunan 4,0% pada Desember dan mengalahkan konsensus 1,0%. Varian Omicron corona terus memberikan dampak signifikan terhadap belanja konsumen.

Penurunan Desember adalah hasil dari konsumen melakukan belanja Natal mereka pada bulan Oktober dan November, sedangkan kenaikan Januari mencerminkan pelonggaran pembatasan kesehatan. Dengan peraturan Covid yang akan berakhir karena penurunan tingkat infeksi, kita akan melihat pengeluaran konsumen terus meningkat.

Penjualan juga didorong oleh permintaan yang terpendam untuk layanan dan barang yang pasokannya terbatas selama pandemi. Proses ini mungkin mendapatkan momentum dalam beberapa bulan mendatang, melukiskan gambaran yang lebih berwarna tentang aktivitas konsumen, tetapi dapat menyebabkan kekecewaan di paruh kedua tahun ini.

Sedangkan dari BOE terus dicermati oleh pelaku pasar. Bank of England harus mencermati rilis ekonomi yang akan datang untuk menghindari terulangnya kesalahan ECB, yang terburu-buru melalui kenaikan suku bunga pada Mei 2009, merusak pemulihan ekonomi.

Bank of England tetap di bawah tekanan kuat untuk menaikkan suku bunga pada pertemuannya di bulan Maret. Pasar telah memperkirakan kenaikan seperempat poin di bulan Maret sebesar 100%, dan BoE kemungkinan akan menindaklanjuti dengan lebih banyak kenaikan sampai inflasi, yang berada pada level tertinggi 30 tahun, diturunkan. Kita dapat mengharapkan BoE untuk memberikan laju kenaikan suku bunga yang lebih bertahap daripada yang telah ditentukan oleh pasar.

Sementara itu dari arena geopolitik beritanya semakin memanas. Perbatasan Rusia/Ukraina tetap sangat tegang, meskipun invasi yang ditakuti pada hari Rabu tidak terwujud. Ketegangan meningkat pada hari Kamis setelah pertempuran kecil di wilayah perbatasan yang ditakuti Barat sebagai dalih untuk invasi skala penuh. Ini mengirim pasar keuangan jatuh karena sentimen risiko menghilang.

AS telah membantah klaim Rusia bahwa mereka telah mengurangi pasukannya di perbatasan dan mengatakan invasi dapat terjadi kapan saja. Namun, ada secercah cahaya untuk solusi diplomatik, karena menteri luar negeri AS dan Rusia akan bertemu minggu depan, sehingga invasi tampaknya akan terhenti, setidaknya untuk saat ini.

Analisa Teknikal GBP/USD