GBPUSD - Pound

GBP/USD: BOE dan FOMC Melambungkan Pound Ke Area Bullish, Mampukah Berlanjut?

Forexsignal88.Com – Seperti banyak bank sentral besar lainnya, Bank of England menghadapi dilema besar: mulai mengurangi stimulus dalam menghadapi tekanan inflasi yang meningkat pesat atau membiarkan inflasi turun secara alami karena dampak kemacetan pasokan, lonjakan harga energi, dan faktor sementara lainnya memudar.

Mencerminkan dilema ini adalah aksi harga dalam pound, dengan GBP/USD menolak untuk membentuk tren utama sepanjang tahun ini. Tetapi dengan tingkat yang berada di bawah tertinggi tahun lalu, risikonya sedikit condong ke sisi bawah menuju keputusan BoE.

Namun khususnya pada kemarin hari, nada bullish harga GBP/USD meningkat setelah BoE. Secara teknis, harga terletak di zona support, jadi rebound entah bagaimana diharapkan.

Sebaliknya, telah mencatat lonjakan yang kuat, lebih dari 0,82%, dari 1.3609 terendah kemarin ke 1.3750 tertinggi pada kemarin hari.

Mereka percaya bahwa akan ada suara bulat untuk membiarkan suku bunga tidak berubah. Namun, kemungkinan akan ada perpecahan di antara pejabat BoE yang ingin mengakhiri QE dan mereka yang ingin melanjutkan program untuk sementara waktu.

Pada dasarnya, Pound Inggris didorong oleh BoE, yang membiarkan kebijakan moneternya tidak berubah. Anggota MPC memilih dengan suara bulat untuk mempertahankan Suku Bunga Resmi Bank di 0,10% seperti yang diharapkan. Tapi yang mengejutkan, anggota lain memilih untuk mengakhiri QE. Ini dilihat sebagai tanda bullish untuk GBP.

Keputusan BoE datang pada saat ekonomi Inggris telah melakukan pemulihan yang kuat. Inflasi telah meningkat menjadi 3,2% sementara tingkat pengangguran telah menurun. Namun, ada masalah sisi penawaran dan lonjakan harga gas yang sedang berlangsung menimbulkan risiko besar bagi pemulihan.

Pound telah mengambil kendali penuh meskipun fakta bahwa IMP Manufaktur Flash Inggris dilaporkan lebih rendah di 54,6 poin dibandingkan 55,0 yang diharapkan dibandingkan dengan 55,0 pada periode pelaporan terakhir. Selain itu, IMP Manufaktur Flash turun dari 60,3 menjadi 56,3, jauh di bawah perkiraan 59,0.

Disisi lain USD diengaruhi oleh hasil rapat FOMC pada hari yang sama. Federal Reserve membuat keputusan suku bunga dalam sesi semalam. Seperti yang diharapkan secara luas, bank memutuskan untuk membiarkan suku bunganya tidak berubah. Namun, plot titik menunjukkan bahwa lebih banyak pejabat Fed mulai mengharapkan kenaikan suku bunga di tahun mendatang.

Analisa Teknikal GBP/USD