FOREX: FX Market Update

EUR/USD Rally Menembus 1.2150

Angka penggajian non-pertanian AS yang mengerikan pada hari Jumat mengirim EUR / USD naik tajam dan jika dapat membuat penembusan berkelanjutan di atas resisten di 1.2150 maka kenaikan lebih lanjut menuju 1.2200 tampaknya mungkin terjadi.

Pasangan mata uang EUR/USD naik kuat pada hari Jumat dengan volatilitas yang jauh di atas rata-rata untuk ditutup pada ketinggian baru 50 hari. Harga kemungkinan akan naik lebih tinggi, terutama pada hari Senin, dan selama sisa minggu ini, meskipun belum mencapai 1.2200.

Perhatikan bahwa 1.2200 pada prinsipnya lebih bersifat psikologis. daripada kepentingan teknis tetapi jika ada pergerakan kuat lainnya yang lebih tinggi, ada tingkat teknis yang harus diperhatikan juga: tinggi 1.2243 yang dicapai pada 25 Februari.

Beralih ke data minggu ini, kalender relatif kosong, dengan rilis indeks sentimen ekonomi ZEW Jerman pada hari Selasa untuk bulan Mei kemungkinan besar akan menggerakkan pasar. Konsensusnya adalah untuk kenaikan kecil menjadi 71,0 dari 70,7 April. Jika tidak, angka inflasi akhir Jerman dan Prancis untuk April akan dirilis Rabu, begitu pula statistik produksi industri Zona Euro untuk Maret.

Secara teknikal, kita bisa melihat potensi jika kita mendapatkan kemunduran jangka pendek, kemungkinan besar kita akan memiliki banyak pembeli yang terjun ke pasar untuk mengambil keuntungan dari nilai yang terjadi. Pada titik ini, tampaknya pegangan 1.2000 akan menjadi support utama dan oleh karena itu menjadi “dasar di pasar”.

AUD/USD Menembus Level Tertinggi Maret 2021

RBA telah menaikkan perkiraan pertumbuhannya; pasar tenaga kerja; dan inflasi / upah. Namun prakiraan ini didasarkan pada pemulihan yang lebih cepat dari yang diharapkan tetapi bukan dorongan berkelanjutan dengan kemajuan menuju kondisi yang ditargetkan yang diperkirakan biasa-biasa saja. Dalam keadaan seperti itu, pendekatan kebijakan terbaik adalah melanjutkan dengan pendekatan saat ini yang menargetkan obligasi 3 tahun (November 2024) dan memperpanjang $ 100 miliar lagi tahap QE.

Perkiraan pertumbuhan PDB untuk 2021 telah dinaikkan dari 3,5% menjadi 4,75%. Perkiraan itu sekarang sejalan dengan perkiraan Westpac 4,5% dan jauh di atas Konsensus 3,8% (Survei AFR, 6 April). “Lonjakan” pertumbuhan diperkirakan akan melambat kembali ke 3,5% (tidak berubah dari Februari), juga sejalan dengan pandangan “3%” Westpac; dan menjadi 3% (tidak berubah) dalam satu tahun hingga Juni 2023 (titik akhir periode perkiraan).

Pendorong utama pendorong pertumbuhan pada tahun 2021 adalah konsumen, dengan pertumbuhan konsumsi naik dari 4% menjadi 5,5% (Westpac 5,8%) yang mencerminkan pertumbuhan yang lebih cepat dalam pendapatan yang dapat dibuang dan penurunan tingkat tabungan rumah tangga dari 12% menjadi 8% lebih. tahun.

Kesimpulan analis mengenai perubahan yang telah dibuat RBA terhadap perkiraannya adalah bahwa RBA telah mengenali pemantulan kembali yang lebih cepat dari yang diharapkan pada tahun 2021 tetapi mengantisipasi bahwa peningkatan yang diamati dalam laju pemulihan di tahun-tahun berikutnya akan diikuti oleh “penurunan yang lambat” dalam inflasi ; upah dan pekerjaan.

Di bawah interpretasi tersebut, tampaknya RBA masih meragukan apakah ia akan mencapai tujuannya seputar inflasi; upah; dan pekerjaan penuh pada tahun 2024.

Dan analisis tersebut sepenuhnya konsisten dengan interpretasi literal dari kesimpulan Gubernur “Ini tidak mungkin dilakukan paling cepat hingga tahun 2024”.

Secara teknikal kenaikan AUD/USD sudah terlihat overbought dan berpotensi untuk koreksi sejenak. Namun trendline pasangan ini masih terus bullish dan terlihat target selanjutnya adalah resistance level pada harga 0.7875 yang pernah tercapai pada bulan Februari 2021 lalu.

Sumber: Reuters.Com, Marketwatch.Com, Cnbc.Com, MT5