GBPUSD - Pound

Fokus GBP/USD Masih Kepada Brexit dan Pandemi Untuk Sepekan Kedepan

Forexsignal88.Com – Pound Inggris menguat selama seminggu kemarin dimana GBP/USD bergerak menguji resistance 1.3320 namun belum mampu untuk menembus resistance kuat tersebut. Adapun kenaikan GBP/USD ini juga disebabkan oleh USD yang bergerak melemah sepanjang pekan kemarin. USD mempertahankan nada lemahnya terhadap sebagian besar rival utama, tetapi pasangan mata uang utama bertahan dalam level yang sudah dikenal. Pelaku pasar melihat di luar data ekonomi makro, tetap fokus pada berita terkait virus corona.

Beberapa perusahaan terdepan yang mengembangkan vaksin untuk mencegah COVID-19 telah melaporkan hasil awal dari tes tahap ketiga mereka, memberikan hasil yang menggembirakan. Namun, pada saat yang sama, dunia melaporkan 11.752 kematian virus korona baru pada hari Jumat, menjadikannya hari paling mematikan sejak pandemi dimulai.

Inggris sendiri saat ini masih di dalam mode lockdown dan bahkan perdana menterinya pun mengisolasi diri setelah melakukan kontak dengan seseorang yang dites positif sehingga mungkin saja kegiatan penting seperti negosiasi Brexit harus dilakukan melalui tautan video.

Dari Brexit sendiri, putaran terakhir pembicaraan perdagangan UE-Inggris telah berakhir dengan kesimpulan yang persis sama dengan beberapa putaran terakhir, dengan kedua belah pihak mengatakan bahwa mereka tertarik dan mampu mencapai kesepakatan jika pihak lain bergeser dari posisi mereka yang mengakar.

Brexit menjadi satu-satunya isu yang membuat ketidakpastian semakin besar selain pandemi. Pound menjadi sedikit sensitif terhadap perkembangan dan sementara kita mungkin melihat reli bantuan setelah kesepakatan diumumkan, risiko utama tetap ke sisi bawah dengan kesepakatan sekarang diharapkan.

Analisa GBP/USD Sepekan Kedepan