Faktor Apa Saja Yang Menggerakkan Harga Emas? (2)

ForexSignal88.com l Jakarta, 08/06/2017

Pasokan Emas

Tidak seperti minyak dan kopi, emas bukan untuk dikonsumsi. Hampir semua emas yang sudah ditambang tetap ada, tidak habis. Ada beberapa industri yang menggunakan emas tapi tidak seperti perhiasan atau investasi yang membuat permintaannya meningkat. Penggunaan emas lebih banyak pada perhiasan, instrumen investasi dan hanya sedikit untuk industri teknologi.

Jadi orang akan berharap, harga emas bisa jatuh setiap saat walau emas masih tetap beredar disitu-situ saja. Meski di negara-negara seperti India dan Cina emas berperan sebagai penyimpan nilai, orang-orang yang beli di sana bukan untuk diperdagangkan. Permintaan perhiasan cenderung naik dan turun seiring harga emas. Ketika harga emas naik maka permintaan relatif akan turun juga.

Bank Sentral

Penggerak pasar paling besar adalah bank sentral. Ketika cadangan valas besar dan ekonomi sedang cerah, bank sentral sebenarnya ingin mengurangi cadangan emas yang mereka miliki. Itu karena emas adalah aset mati. Tidak memberikan imbalan, tidak seperti obligasi atau uang dalam akun deposito.

Masalahnya bagi bank sentral adalah keinginan itu muncul di saat investor lain tidak berminat terhadap emas juga. Sehingga bank sentral selalu berada di sisi yang salah ketika melakukan trading. Meskipun menjual emas adalah yang seharusnya dilakukan bank sentral. Maka hasilnya harga emas jatuh.

Bank sentral ketika ingin mengatur penjualan emasnya seperti gaya kelompok kartel, tidak ingin mengacaukan pasar. Dalam Persetujuan Washington, bank sentral tidak akan menjual emas hingga lebih dari 400 metrik ton dalam setahun. Tapi aturan ini tidak mengikat. Bank sentral pun tidak ingin melepas emas terlalu banyak ke pasar dalam satu waktu karena akan memiliki pengaruh negatif pada portfolio mereka.

Terkecuali negara Cina. Bank sentral Cina telah menjadi pembeli emas dan dapat mendorong harga emas naik. Harga emas yang sedang jatuh akan terhambat kejatuhannya hanya karena bank sentral Cina membeli emas.

Artikel ini akan menambah pemahaman Anda mengenai faktor apa saja yang menggerakkan emas, terutama kaitan inflasi, pengaruh suplai emas dan kebijakan bank sentral.

Sumber Gambar: goldpricetoday.org.uk

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *