EURUSD: Peluang Trading Forex 130720

Christine Lagarde, Presiden ECB, menyatakan keraguannya bahwa para pemimpin Uni Eropa akan bisa membuat keputusan mengenai dana pemulihan Uni Eropa di dalam pertemuan tingkat tinggi mereka yang termasuk pemberian cuma-cuma senilai €500 miliar yang didanai secara mutual basis oleh Komisi Uni Eropa.

Kanselir Jerman Angela Merkel mendesak para pemimpin Eropa lainnya khususnya – kelompok empat – untuk membiarkan skema pemberian cuma-cuma. Namun, Austria, Belanda, Denmark dan Swedia – kelompok empat – enggan untuk menghadiahkan uang cuma-cuma ke negara-negara yang mereka pandang boros.

ECB diperkirakan akan tetap mempertahankan tingkat bunganya dan skema pembelian obligasi tidak berubah pada hari Kamis, dimana Lagarde akan memberikan pengumumannya. Nasib EUR/USD tergantung kepada keberanian Lagarde untuk mendesak kelompok empat untuk membiarkan skema pemberian cuma-cuma tersebut.

Para investor mengharapkan para pemimpin Eropa untuk bisa berkompromi, namun jika tidak terjadi maka Euro akan punya ruang untuk turun. Sebaliknya jika Berlin dan Paris mendapatkan apa yang mereka inginkan, matauang bersama ini akan mengalami kenaikan.