Uang Kertas Euro

EURO Tertekan, Namun Bullish Belum Terlihat Berakhir

Forexsignal88.Com – EUR/USD saat ini bisa dibilang melakukan koreksi kebawah dan pada kemarin hari EUR/USD turun cukup dalam pada chart harian ke level terendahnya pada harga 1.2245. Namun apakah ini berarti EUR/USD sudah siap turun?

Secara perekonomian ada harapan akan perkembangan yang baik bagi zona Eropa ini. Data yang diambil dari EuroStats, perkiraan kilat Zona Euro dari inflasi utama turun 0,3% pada Desember, di bawah ekspektasi untuk penurunan 0,2%. Sementara itu, inflasi inti Kawasan Euro tetap di 0,2%, sesuai dengan perkiraan.

Dalam hal komponen inflasi headline, harga energi terus membebani harga. Ke depannya, dengan harga minyak yang terus meningkat dan tarif PPN utama Jerman kembali ke 19% setelah penurunan sementara menjadi 16%, inflasi mungkin akan meningkat di akhir tahun, meskipun masih jauh dari target ECB.

Di tempat lain, sentimen ekonomi Zona Euro telah meningkat pada bulan Desember, meskipun ada langkah-langkah penguncian baru sepanjang bulan. Sebagian besar kenaikan, dipimpin oleh sentimen industri (-7,2 vs Sebelumnya -10,1), sementara seperti survei PMI, pukulan terbesar terhadap sentimen diamati di sektor jasa.

Hal ini diharapkan mengingat berbagai tingkat dampak tindakan penguncian pada berbagai bagian ekonomi. Bersamaan dengan ini, dengan beberapa negara di Eropa memperpanjang langkah-langkah penguncian paksa pada bulan Januari, pertumbuhan ekonomi tampaknya akan dimulai dengan awal yang lemah untuk 2021.

Politik AS Mempengaruhi EUR/USD