Euro - EURUSD

EUR/USD: USD Lanjut Koreksi, Euro Menanjak Rally Keatas

Forexsignal88.Com – EUR/USD melonjak pada awal minggu, naik sekitar 1,1% menjadi 1,0670, didukung oleh sentimen pasar yang membaik, pelemahan dolar AS secara luas, tetapi yang lebih penting, komentar hawkish dari Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde.

Dolar tetap kuat, tetapi menjauh dari siklus puncak yang dicapai pertengahan Mei. EUR/USD melonjak ke level tertinggi harian kemarin pada level 1.0697 setelah ada konsensus tentang kenaikan suku bunga ECB Juli dan risk-on ringan.

Secara keseluruhan, Bank Sentral Eropa bergerak menuju kenaikan suku bunga dan pasar sekarang mempertimbangkan kemungkinan kenaikan besar-besaran 50bp pada bulan Juli, sebuah perkembangan yang tidak dapat dipahami hanya beberapa minggu yang lalu. Perputaran tersebut memberikan dukungan untuk Euro, terutama terhadap Pound Inggris yang pada saat yang sama melihat penurunan Bank of England terhadap ekspektasi pasar dari serangkaian kenaikan suku bunga. “Suku bunga relatif telah mendukung pound terhadap euro untuk beberapa waktu tetapi tidak lagi dengan harga pasar dalam kenaikan suku bunga ECB,” kata Mikael Milhaug, analis senior di Danske Bank. “Ke depan, harga relatif tampaknya lebih mendukung untuk EUR/GBP.”

Risalah pertemuan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa April dirilis Kamis lalu dan menunjukkan bahwa anggota Dewan Pemerintah khawatir bahwa kenaikan ekspektasi inflasi bisa menjadi “tidak teratur”. Ini menggambarkan skenario yang merupakan kejutan inflasi – dalam hal ini melalui harga energi dan komoditas yang lebih tinggi – menjadi tertanam dalam ekonomi yang lebih luas. Dalam sebuah posting blog, Lagarde membunyikan alarm tentang inflasi dan mengindikasikan bahwa pembelian bersih di bawah APP akan berakhir sangat awal pada kuartal ketiga, tetapi ini belum semuanya.

Beberapa anggota Dewan percaya bahwa ECB tidak sabar menunggu perkembangan upah riil untuk mengkonfirmasi ekspektasi inflasi yang meningkat dan waktu untuk kenaikan suku bunga semakin dekat. “Anggota Bank Sentral Eropa terus mengirim sinyal hawkish. Sementara itu Lagarde juga mengatakan bahwa kenaikan suku bunga akan dimulai pada Juli untuk memungkinkan bank keluar dari eksperimen delapan tahun dengan biaya pinjaman negatif pada September. Pesan ini menunjukkan bahwa mungkin ada setidaknya dua kenaikan 25 basis poin antara Juli dan September, mengingat suku bunga deposito berada di -0,50%.

Jika Bank Sentral Eropa memvalidasi perkiraan ini dan memberikan kenaikan 50 basis poin dengan petunjuk kemungkinan reli lebih lanjut, EUR dapat memperoleh nilai. Bank Sentral Eropa secara konsisten bersikeras bahwa mereka hanya bermaksud untuk menormalkan kebijakan moneter secara bertahap, dan kenaikan besar 50bp tampaknya tidak konsisten dengan pedoman ini.

Banyak pedagang meragukan bahwa ECB akan memberikan apa yang telah didiskon oleh pasar berjangka dalam hal pengetatan, tetapi dengan perubahan haluan yang tajam pada hari Senin, tampaknya kita akan melihat beberapa kenaikan suku bunga dan bahkan penyesuaian besar-besaran tahun ini.

Mungkinkah ini awan sebelum hujan? Apakah sapi jantan bersiap-siap untuk mengambil alih pasar? Jika kita dapat melihat beberapa momentum bullish hari ini, itu akan menjadi tanda lain yang mendukung tren naik baru. Tidak banyak berita yang diharapkan oleh investor hari ini, dan EUR/USD dapat berkonsolidasi lagi seperti yang terjadi pada hari Jumat.

Analisa Teknikal EUR/USD