Dolar Euro

EUR/USD Terpantau Tetap Lemah

Forexsignal88.Com – EUR/USD saat ini terpantau turun untuk hari ketiga perdagangan pekan ini. Namun saat ini EUR/USD sudah mendekati support psikologis yang dapat menjadi titik rebound atau malah mengakibatkan breakout.

Data ekonomi yang dirilis pada kemarin hari sebagian besar diabaikan sejauh ini. Kelemahan Euro berlanjut meskipun pembacaan inflasi lebih kuat dari yang diharapkan. Franc Swiss dan Sterling juga sedikit melemah. Dolar, di sisi lain, berjuang untuk memperpanjang keuntungan setelah pekerjaan ADP yang jauh lebih kuat dari yang diharapkan. Dolar Selandia Baru terus diperdagangkan sebagai yang terkuat, membawa Aussie sedikit lebih tinggi. Yen beragam sementara pasar saham tidak memiliki arah yang jelas untuk hari itu.

HK zona euro tercatat 0,9% yoy di bulan Januari, naik dari -0,3% yoy di bulan Desember, jauh di atas ekspektasi 0,4% yoy. PPI Inti melonjak menjadi 1,4% yoy, naik dari 0,2% yoy, jauh di atas ekspektasi 0,7% yoy. Melihat komponen utama dari inflasi Zona Euro, makanan, alkohol & tembakau diperkirakan memiliki tingkat tahunan tertinggi di bulan Januari (1,5%, dibandingkan dengan 1,3% pada bulan Desember), diikuti oleh jasa (1,4%, dibandingkan dengan 0,7% pada bulan Desember) , barang industri non-energi (1,4%, dibandingkan dengan -0,5% pada Desember) dan energi (-4,1%, dibandingkan dengan -6,9% pada Desember).

PPI masuk di 0.8% mom, -1.1% yoy di bulan Desember, dibandingkan ekspektasi 0.7% mom, -1.3% yoy. Harga produsen industri di Zona Euro pada Desember 2020, dibandingkan dengan November 2020, naik 2,2% di sektor energi, 0,4% untuk barang setengah jadi dan 0,1% untuk barang modal dan barang konsumsi tahan lama, sementara harga tetap stabil untuk non- barang konsumen tahan lama. Harga di industri total tidak termasuk energi meningkat 0,3%.

Sedangkan untuk data PMI, Layanan PMI Zona Euro diselesaikan pada 45,4 pada bulan Januari, turun dari 46,4 pada bulan Desember. Komposit PMI diselesaikan di 47,8, turun dari bulan sebelumnya di 49,1. Di antara beberapa negara anggota, Komposit PMI Jerman turun ke level terendah 7 bulan di 50,8. Prancis di 47,7, Italia di 47,2, Spanyol di 43,2 dan Irlandia di 40,3, semuanya di bawah 50.

Beban Euro saat ini juga datang dari bencana tertundanya distribusi vaksin di benua Eropa. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dilaporkan telah mengakui kesalahannya dalam bencana vaksin di blok tersebut. Itu tidak mungkin membantu euro. Kelambanan benua lama dalam mengimunisasi penduduknya telah meningkatkan kekhawatiran akan resesi ganda dan membebani mata uang umum.

Analisa Teknikal EUR/USD