EUR/USD Terpantau Overbought dan Membutuhkan Koreksi

Forexsignal88.Com – EUR/USD pada kemarin hari menampilkan sebuah gerakan yang kurang meyakinkan. Dimulai dengan gerakan yang sangat lamban pada kemarin pagi, dan pada malam harinya turun sampai ke level terendah pada angka 1.2201. Mata uang berisiko mengalami penurunan selisih harga pada awal perdagangan minggu ini, di tengah kekhawatiran strain baru virus COVID-19. Hal ini meningkatkan kekhawatiran investor tentang kegagalan vaksin baru dan pembatasan yang lebih ketat pada aktivitas ekonomi Eropa menjelang liburan akhir tahun.

Varian COVID-19 ini sekitar 70% lebih mudah menular dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini juga menimbulkan ketakutan, mendorong pemerintah Prancis untuk menghentikan jalur pengiriman antar negara, menambah larangan penerbangan. Namun, pasar cenderung membesar-besarkan dan itulah yang terjadi pada hari Senin.

Komite Eksekutif Uni Eropa memberikan lampu hijau hanya beberapa jam setelah European Medicines Agency mengumumkan bahwa vaksin tersebut memenuhi standar keamanan dan kualitas. Brussels diperkirakan membutuhkan dua atau tiga hari untuk menyetujui langkah perizinan pasar. Meski mutasi COVID-19 ini sangat menular, tidak ada bukti bahwa ia kebal terhadap vaksin menurut European Medicines Agency. EMA – yang menyetujui jab Pfizer / BioNTech – menggemakan kata-kata ilmuwan Inggris dan membantu menenangkan atmosfer.

Perkembangan positif potensial lainnya datang dari topik UE-Inggris lainnya – Brexit. Perdana Menteri Boris Johnson dilaporkan menawarkan konsesi besar pada perikanan, meningkatkan peluang kesepakatan. Berita tersebut membantu pound pulih tetapi euro masih ragu-ragu. Jika terobosan terkonfirmasi, mata uang umum kemungkinan akan dibawa lebih tinggi oleh reli sterling.

Sedangkan dari Amerika Serikat sendiri, rencana untuk merangsang perekonomian AS dalam menghadapi pandemi disetujui setelah serangkaian rilis ekonomi AS yang menunjukkan betapa lemahnya kinerja ekonomi tanpa rencana tersebut. Pasar tenaga kerja AS adalah pecundang paling menonjol.

Kembalinya harga EUR/USD untuk bergerak cepat di atas resisten 1.2200 meningkatkan kendali bulls terhadap tren dan dengan demikian persiapan untuk kenaikan yang lebih kuat di jalur naik yang telah dinikmati pasangan mata uang sejak awal November.

Secara teknis harian, EUR/USD sudah berada pada sisi overbought dan terbuka potensi untuk melakukan koreksi. Namun saja trader masih terus mendukung kuatnya EUR/USD yang masih betengger diatas. Jika penjualan terjadi maka EUR/USD dapat turun dibawah 1.2200 kearas support level 1.2145. Support selanjutnya akan berada pada level harga 1.2100.

Namun jika EUR/USD erus membandel dan mencoba naik, maka kenaikan akan terbatasi dengan resistance level pada harga berikut: 1.2265 dan 1.2300 yang masih belum mampu dicapai.

Sumber: Reuters.Com, Cnbc.Com, Bloomberg.Com, MT5