EUR/USD Terlihat Suram Setelah Anjlok 2 Pekan Berturut-Turut

Forexsignal88.Com – Ini adalah pekan ke-2 dimana Euro harus menyerah kepada lonjakan USD yang berusaha mematahkan kutukan penurunan yang sudah lama berlangsung. Beberapa sesi terakhir sangat buruk bagi bull EUR / USD, yang harus menghadapi penguatan Dolar AS, berita bahwa pertumbuhan PDB Jerman turun 5% pada tahun 2020, krisis politik lain di Italia dan peluncuran vaksin virus corona yang lambat di AS. EU.

Periode stabilisasi tampaknya mungkin terjadi, tetapi setelah itu periode kelemahan lebih lanjut tidak dapat dikesampingkan meskipun ada kekhawatiran ECB atas nilai tukar dan inflasi – hal-hal yang hanya memiliki sedikit kekuatan untuk mempengaruhi.

Jika kita kilas balik kepada bulan Desember dimana ECB mengumumkan akan meningkatkan Program Pembelian Darurat Pandemi (PEPP), sebesar EUR 500 juta. Risalah tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan pandangan tentang PEPP dalam ECB, karena beberapa anggota menginginkan kenaikan yang lebih tinggi, sementara yang lain mendukung jumlah yang lebih rendah.

Anggota bank lebih memperhatikan apresiasi tajam euro terhadap dolar AS, terutama pengaruhnya terhadap inflasi. Risalah tersebut menyatakan bahwa “telah ditunjukkan bahwa nilai tukar nominal efektif saat ini berada pada posisi tertinggi sepanjang masa dan bahwa apresiasi baru-baru ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap prospek inflasi yang terkendali”. ECB tumbuh lebih khawatir bahwa euro yang lebih kuat akan membebani inflasi, pada saat inflasi sudah berada pada level yang sangat rendah karena kondisi ekonomi yang parah akibat Covid-19.

Biasanya, dalam seminggu ketika ECB bertemu untuk menentukan langkah kebijakan moneter berikutnya, semua mata akan tertuju pada pertemuan tersebut, dan memang pengumuman Kamis dan konferensi pers berikutnya akan menjadi fokus perhatian.

Namun, kepentingannya telah berkurang dengan rilis risalah pertemuan Desember pekan lalu yang mencakup komentar bahwa menurunkan imbal hasil lebih lanjut mungkin memiliki efek samping negatif dan menyuarakan keprihatinan lagi atas risiko terkait perkembangan nilai tukar yang mungkin berdampak negatif bagi prospek inflasi. Hal ini menunjukkan bahwa ECB akan membiarkan semua pengaturan moneter di tempatnya dan bahwa pertemuan tersebut akan membiarkan Euro tidak tergerak – kecuali jika Lagarde salah langkah pada konferensi pers berikutnya.

Apa Yang Bisa Kita Harapkan Pada Petemuan ECB Kamis Depan?