Euro - EURUSD

EUR/USD: Kenaikan Euro Masih Tidak Meyakinkan, Kenapa?

Forexsignal88.Com – Untuk hari kedua berturut-turut, pembeli mencoba membawa EUR/USD keluar dari saluran bearishnya karena pasangan ini menetap di sekitar 1.1608 dan penurunan memindahkan harga ke area support 1,1513, terendah dalam lebih dari 15 bulan. EUR/USD membalikkan penurunan hari Jumat dengan potensi ruang untuk stabilitas lebih dalam beberapa hari mendatang jika dolar terus menunjukkan tanda-tanda kelelahan untuk reli empat bulan terhadap mata uang utama.

Mata uang tunggal Eropa, euro, mencapai posisi terendah baru 2021 terhadap dolar pada hari Jumat sebelum dolar tergelincir terhadap beberapa mata uang setelah laporan penggajian non-pertanian November, yang melemparkan pasar tenaga kerja AS dalam cahaya yang lebih kuat dari yang terlihat sebelumnya. Di tengah keputusan Fed untuk mengakhiri program pelonggaran kuantitatif selama delapan bulan hingga pertengahan tahun depan, data hari Jumat awalnya mendukung dolar, meskipun mata uang AS terlihat dalam penurunan yang luas menjelang akhir pekan.

Selain itu datang dari data ekonomi di Jerman, Sentimen Ekonomi ZEW Jerman terkesan pada bulan November, meningkat dari 22,3 menjadi 31,7. Indeks telah mengalami penurunan panjang sejak Mei, ketika berdiri di 84,4 poin yang tinggi, sehingga kenaikan pertama dalam enam bulan adalah signifikan.

Pakar pasar keuangan optimis tentang kondisi ekonomi dalam enam bulan ke depan dan memperkirakan pertumbuhan akan meningkat, tetapi juga memperkirakan tingkat inflasi yang tinggi akan mereda. Rilis zona euro mirip dengan apa yang kita lihat di Jerman, naik dari 21,0 menjadi 25,9, juga kenaikan pertama sejak Mei.

Euro tidak menguat meskipun ada laporan Sentimen Ekonomi ZEW yang kuat. Ini bisa menjadi cerminan dari meningkatnya kekhawatiran atas melonjaknya kasus Covid di seluruh Eropa dan potensi kembalinya pembatasan kesehatan.

Investor akan mendengarkan dengan seksama saat Presiden ECB Christine Lagarde berbicara di forum ECB. ECB tetap dalam mode dovish dan Lagarde menegaskan kembali pekan lalu bahwa ECB tidak memiliki rencana untuk menaikkan suku bunga sebelum 2023. Rilis Sentimen Ekonomi ZEW November, yang memproyeksikan bahwa inflasi akan mereda, selaras dengan posisi ECB bahwa inflasi tinggi bersifat sementara. dan akan mendingin.

Analisa Teknikal EUR/USD

Namun kenaikan EUR/USD sampai saat ini masih merupakan kenaikan koreksi saja dan tidak terlalu meyakinkan. Euro bisa saja menunggu katalis yang tepat namun selama pasangan ini berada dibawah 1.1600 dalam jangaka waktu dekat, maka potensi untuk turun kembali semakin besar.

Penurunan EUR/USD yang mungkin dapat terjadi setelah koreksi selesai dapat membawa EUR/USD ke level support 1.1525 sampai dengan 1.1500. Selanjutnya jika semakin deras turun kebawah maka level 1.1420 dapat dicapai.

Sebaliknya koreksi masih dapat berlanjut untuk menuju ke 1.1620 dan lebih atas lagi 1.1670 sementara ini.

Sumber: EURO News, Reuters, Marketwatch MT5